Salad Asli Indonesia


Bukan hanya orang Barat yang punya hidangan salad, masyarakat kita pun memiliki berbagai jenis makanan yang berfungsi seperti salad. Sebagian cocok untuk dihidangkan sebagai makanan pembuka, ada yang tetapt menjadi makanan pendamping hidangan utama, dan ada pula yang pas untuk hidangan penutup.

1. Gado-gado Solo
Di berbagai daerah di Indonesia, ada beragam jenis gado-gado, misalnya gado-gado Jakarta, Surabaya, Padang, dan sebagainya. Pada dasarnya bahan yang digunakan sama, yaitu beberapa jenis sayuran ditambah tahu dan tempe goreng yang diberi bumbu kacang, ditambah kerupuk atau emping.

Yang agak berbeda adalah gado-gado Solo karena sebagain sayurannya mentah. Penggunaan mi kuning dan kentang sangat sedikit, sekadar sebagai variasi pelengkap nutrisi, selain mempercantik tampilan gado-gado itu sendiri. Bahan yang dominan adalah sayur mayur, sehingga cita rasa gado-gado adalah segar dan tidak mengenyangkan.

2. Asinan Bogor
Asinan Bogor sebetulnya merupakan hasil percampuran budaya yang diunduh dari kultur kuliner Tionghoa yang sudah ratusan tahun bermukin di daerah tersebut. Ada tiga jenis asinan Bogor, yaitu asinan buah, asinan sayur, serta asinan campuran buah dan sayur. Rasa segar lebih terasa jika asinan sayur ini lebih dulu disimpan sejenak di dalam kulkas.

Dari sisi gizi, nilai gizi yang didapat dari asinan ini sangat baik karena terdiri atas beragam bahan pangan. Dibandingkan dengan sayuran yang dimasak, nilai nutrisinya lebih terjaga utuh pada asinan. Potensi kandungan bakteri pada asinan juga lebih rendah karena cuka dan cabai yang digunakan untuk bumbu memiliki sifat antimikroba.

3. Karedok
Sayuran yang lazim digunakan untuk karedok adalah kacang panjang, kemangi, terung lalap, kol, timun dan taoge. Kacang panjang dan kol dirajang halus, kemangi dipetik daunnya saja, timun dan terung dipotong dadu kecil-kecil, sedangkan taoge dibiarkan utuh.

Banyak vitamin yang kita peroleh dari berbagai sayuran yang digunakan untuk karedok dan salad asli Indonesia lainnya, antara lain vitamin C dan vitamin B kompleks. Sebagian juga mengandung vitamin A, D, dan E. Meski cukup enak disantap sebagai makanan pembuka, karedok lebih cocok mendampingi makanan utama. Biasanya nasi hangat dan lauk pauk.

4. Pecel semanggi
Yang luar biasa sedap sebagai salad dari Surabaya adalah pecel semanggi. Biasanya makanan ini disantap menggunakan pincuk (piring yang terbuat dari daun pisang). Kombinasi daun semanggi dan pincuk daun pisang menjadikan pecel semanggi lebih sedap. Pecel semanggi hanya cocok dimakan sebagai makanan pembuka selera dan tidak cocok dikombinasikan dengan nasi, lontong, dan lainnya.

Bahan utama pecel semanggi adalah daun semanggi (Marsilea crenata), tanaman merambat yang lazim kita temui di persawahan atau pinggir kali. Daun semanggi ini bukan direbus, tapi dikukus. Sayuran lain yang ditambahkan adalah taoge rebus. Saus yang digunakan sama dengan saus kacang untuk pecel, namun ditambahkan ketela rambat yang dihaluskan bersama petis udang.

5. Tahu acar
Tahu acar dapat dikatakan mirip gado-gado namun menggunakan saus kecap yang encer. Bahan-bahan yang dipakai adalah bahan mentah, terdiri atas kol yang diiris tipis, timun di iris tipis, seledri dirajang kasar, serta bahan-bahan matang seperti tauge rebus, mi kuning, tahu, dan tempe goreng dipotong dadu.

Selama ini masyarakat Solo menyantap tahu acar sebagai jajanan ringan yang tidak mengenyangkan. Tahu acar tidak dapat dikombinasikan dengan nasi atau lontong dan tidak enak jika mi kuningnya diperbanyak.

6. Rujak pengantin
Dapat dikatakan bahwa rujak pengantin merupakan variasi lengkap dari asinan betawi. Saus yang digunakan sama, yaitu saus kacang yang encer. Bedanya kerupuk yang dipakai lebih bervariasi.

Berbeda dengan asinan betawi, bahan-bahan pada rujak pengantin tidak direndam di dalam air cuka, kecuali sawi asin. Pada saat hendak dihidangkan, bahan-bahan ditata di atas piring, kemudian disiram dengan saus kacang, dan di atasnya ditaburi kerupuk.

7. Siomai
Meski bukan terdiri atas sayuran dan buah-buahan segar, siomai dapat kita masukkan sebagai salad asli Indonesia, yang berfungsi sebagai makanan penggugah selera. Nutrisi yang kita dapatkan dari siomai juga lumayan baik, khususnya protein dari ikan, lemak baik dari kacang, serat, vitamin, serta mineral dari semua bahan sausnya.

8. Rujak buah
Rujak buah banyak sekali variasinya di Indonesia. Jelas makanan ini sangat cocok disebut sebagai salad asli Indonesia. Bahan dasar yang digunakan pada umumnya sama, yaitu buah-buahan mentah yang berasa asam, buah mengkal, maupun buah masak yang berasa manis. Ada yang dipotong cukup besar untuk sekali tusuk, ada pula yang diserut halus dan diserut lebar. Selain asupan serat yang banyak, rujak buah juga merupakan sumber bermacam-macam vitamin sesuai dengan warnanya, dan mineral.

Comments