Salah Pilih Sepatu, Kuku Bisa Tumbuh ke Dalam


Dari berbagai macam hal yang menyebabkan kuku tumbuh ke dalam (ingrown nail), yang paling umum adalah cara memotong kuku yang salah. Kuku yang dipotong tidak merata atau terlalu pendek terutama di bagian pinggir dapat menyebabkan pertumbuhan kuku berbelok ke bawah dan menusuk lipatan kulit.

Seperti dikutip dari Healthday, Minggu (22/8/2010), memotong kuku di kaki agar hasilnya rapi memang gampang-gampang susah. Bagi yang tubuhnya kurang elastis atau kaku, letak jari kaki yang jauh di bawah sering membatasi pandangan maupun jangkauan tangan ketika berusaha untuk memotong kukunya.

Kalaupun beberapa orang bisa menjangkaunya dengan mudah, kondisi kuku di kaki kadang-kadang menghadirkan kesulitan tersendiri. Kuku yang tumbuh di kaki umumnya lebih tebal dan keras sehingga lebih sulit untuk dapat dipotong dengan rapi seperti kuku tangan.

Kebiasaan buruk dalam memotong kuku juga bisa menyebabkan ujung kuku tidak rata. Alih-alih menggunakan gunting kuku, beberapa orang lebih terbiasa menyobek kuku langsung dengan tangannya sendiri atau memotongnya dengan menggunakan pisau, gunting kertas maupun peralatan lain yang tidak semestinya.

Jika ujungnya sudah tidak rata, faktor lain yang meningkatkan risiko pertumbuhan kuku ke dalam lipatan kulit adalah pemilihan ukuran sepatu yang kurang tepat. Sepatu yang terlalu ketat menyebabkan jari kaki mendapat tekanan berlebih, sehingga lipatan kulit di ujung kuku mudah tertusuk.

Pengaruh ukuran sepatu yang sempit akan semakin terasa pada orang-orang yang secara alami dikaruniai bentuk kuku kaki yang lebar, sebab tekanan yang dialami akan semakin besar. Demikian juga pada olahragawan, terutama yang sering melakukan hentakan kaki mendadak seperti atlet tennis dan bola basket.

Tekanan yang besar pada jari kaki juga dialami oleh orang-orang yang sering berjalan kaki atau bahkan berlari, sekalipun gerakannya tidak menghentak. Penting untuk dicatat, sering tersandung juga dapat meningkatkan risiko kuku jempol kaki tumbuh ke dalam gan,,



Sedikit Tips merawat kuku:

* Jangan potong kuku jika sudah pendek.
* Jangan memotong kutikula dengan gunting.
* Jangan mencuci pakaian atau peralatan dengan air panas.
* Jangan mengigiti kuku.
* Jangan bersihkan kuku dengan benda tajam
* gunakan sikat kuku untuk membersikannya.
* Jangan gunakan tangan Anda untuk bersentuhan dengan detergen terlalu lama.
* Jangan menghilangkan cat kuku dengan benda tajam, sebaiknya gunakan cairan penghapus cat kuku.

Comments