Sepatu Kulit Tertua di Dunia



Sebuah sepatu kulit sempurna berumur 1.000 tahun lebih tua dari Piramida Agung Giza di Mesir dan 400 tahun lebih tua dari Stonehenge di Inggris, telah ditemukan di sebuah gua di Armenia.

Sepatu berumur 5.500 tahun, merupakan sepatu kulit tertua di dunia, ditemukan oleh sebuah tim arkeolog internasional dan mepubllikasiskan temuan mereka di jurnal ilmiah online PLoS ONE pada 9 Juni lalu.

Sepatu kulit Sapi umur sepatu masa tahun 3.500 SM (periode Chalcolithic) dan dalam kondisi sempurna. Terbuat dari sepotong kulit dan dibentuk agar sesuai dengan kaki si pemakai. Berisi rumput, meskipun para arkeolog itu tidak yakin apakah ini untuk menjaga agar kaki tetap hangat atau untuk menjaga bentuk sepatu, mungkin sebagai awal dari sepatu kayu modern "Tidak diketahui apakah sepatu itu milik seorang pria atau wanita, "kata penulis utama penelitian, Dr Ron Pinhasi, University College Cork, Cork, sebagai ukuran Irlandia terkecil (ukuran Eropa 37; US ukuran 7 untuk perempuan), sepatu pria juga bisa dipasang dari jaman tersebut. " Gua ini terletak di Provinsi Dzor Vayotz Armenia, di Armenia Iran, perbatasan Nackhichevanian dan Turki, dikenal daerah arkeolog karena visibilitas dari jalan raya di bawah ini.

Kondisi stabil, sejuk dan kering dalam gua menghasilkan pengawetan sempurna dari berbagai benda yang ditemukan, termasuk kontainer besar, banyak yang berisi gandum matang, barley, aprikot dan tumbuhan lainnya. Dengan mendapat bantuan lantai gua tertutup oleh lapisan tebal kotoran domba yang berfungsi sebagai pelapis yang sempurna atas objek, menjaga tetap awet selama ribuan tahun!

"Kami pikir awalnya bahwa sepatu dan benda-benda lainnya sekitar 600-700 tahun karena mereka dalam kondisi sempurna seperti itu," kata Dr Pinhasi. "Ketika materi diuji oleh dua laboratorium radiokarbon di Oxford, Inggris, dan di California Amerika Serikat, kami menyadari bahwa sepatu itu lebih tua beberapa ratus tahun dari sepatu yang dikenakan oleh Ötzi, manusia es."

Tiga contoh yang diambil untuk menentukan umur sesungguhnya dari sepatu dan ketiga tes menghasilkan hasil yang sama. Para arkeolog memotong dua strip kecil kulit dari sepatu dan dikirim satu strip ke unit Oxford radiokarbon Akselerator di Universitas Oxford dan lainnya ke University California- Fasilitas Irvine Akselerator Spektrometri Massa. Sepotong rumput dari sepatu juga dikirim ke Oxford untuk menentukan umur, baik sepatu dan rumput menampilkan umur yang sama.

Sepatu itu ditemukan oleh mahasiswa PhD Armenia, Ms. Diana Zardaryan, dari Institut Arkeologi, Armenia, di sebuah lubang juga termasuk panci rusak dan tanduk domba. "Saya kagum menemukan bahkan tali sepatu masih utuh," tutur dia. "Kami tidak bisa percaya penemuan itu," kata Dr Gregory Areshian, Cotsen Institut Arkeologi di UCLA, AS, asisten direktur yang berada di lokasi dengan Mr. Boris Gasparyan,asisten direktur, Institut Arkeologi, Armenia ketika sepatu itu ditemukan. "Tanah telah disegel dan simpanan artefak arkeologis dan artefak tetap segar dan kering, seperti mereka dimasukkan ke dalam kaleng," katanya.

Alas kaki tertua di dunia, untuk saat ini, adalah sandal terbuat dari bahan tanaman, yang ditemukan di sebuah gua di Gua Penelitian Arnold di Missouri di Amerika Serikat. sandal kontemporer lainnya ditemukan di Gua Warrior, Gurun Yudea, Israel, tetapi tidak secara langsung diketahui umurnya, sehingga usia mereka didasarkan pada berbagai artefak terkait lain yang ditemukan di dalam gua.

Menariknya, sepatu ini sangat mirip dengan 'pampooties' dipakai di Kepulauan Aran (di Barat Irlandia) sampai dengan tahun 1950-an. "Bahkan, ada banyak kesamaan antara teknik manufaktur dan gaya sepatu ini yang ditemukan di Eropa periode kemudian, menunjukkan bahwa sepatu jenis ini dipakai selama ribuan tahun di suatu wilayah besar dan beragam lingkungan," kata Dr Pinhasi.

"Kami belum mengetahui apa fungsi sepatu atau benda lainnya di gua atau apa tujuan gua itu," kata Dr Pinhasi. "Kita tahu bahwa ada kuburan anak-anak di bagian belakang gua tapi sangat sedikit yang diketahui tentang masanya kita tidak bisa mengatakan dengan pasti mengapa semua benda-benda yang berbeda ditemukan bersama-sama." Tim ini akan terus menggali lebih banyak lorong-lorong gua.

Comments