Sony Kembangkan 1 Terabyte dalam 1 Disc

Satu keping disc itu mampu menampung data sama banyaknya dengan 106 DVD dual layer.

Sony membuktikan bahwa media penyimpanan optik masih jauh dari pensiun. Meski Blu-ray sulit menembus pasar yang didominasi oleh format DVD, menurut laporan Examiner, Sony kini sedang mengerjakan media optik generasi berikutnya.

Bekerjasama dengan peneliti dari Tohoku University, Jepang, Sony mengembangkan laser semikonduktor blue-violet ultra cepat yang memungkinkan data sebesar 1 Terabyte atau setara dengan 1000 Gigabyte disimpan pada sekeping media optik. Sebagai gambaran, satu keping disc tersebut mampu menampung data sama banyaknya dengan 106 keping DVD dual layer.

Teknologi optik itu menggunakan laser berwarna biru lembayung tipe baru yang dapat menghasilkan denyutan atau tembakan dalam hitungan pico detik atau sama dengan satu per satu triliun detik.

Selain itu, leser semikonduktor dan amplifier optik semikonduktor baru juga memungkinkan keluaran daya hingga 100 watt. Seratus kali lipat lebih dibandingkan dengan tembakan laser semikonduktor konvensional.

“Pengembangan terbaru ini merupakan denyutan laser picosecond dengan panjang gelombang laser yang mencapai 405 nanometer (panjang gelombang sama dengan Blu-ray) di kawasan biru lembayung,” kata juru bicara Sony, pada keterangannya, 2 Agustus 2010.

Sony menyebutkan, laser ini mampu membuat denyutan optik dalam durasi yang sangat cepat yakni 3 pico detik dengan keluaran daya puncak mencapai 100 watt dan frekuensi repetisi hingga 1GHz.

Kedua institusi tersebut, Sony dan Tohoku University menyatakan bahwa sistem yang mereka buat menyingkirkan kebutuhan atas sumber cahaya berukuran besar dan teknisi khusus untuk menjalankan laser dengan kualitas serupa.

Sebagai informasi, April lalu Blu-ray Disc Association mengumumkan perbaikan format pada teknologi Blu-ray termasuk disc yang mampu menyimpan hingga 128GB.

Akan tetapi, kurang dari sebulan kemudian, peneliti dari University of Tokyo mengklaim telah menemukan materal baru yang murah dan mudah dibuat yang mampu menyimpan hingga 25TB dalam sekeping disc.

Comments