Suzuki Kizashi Bertenaga Ferrari


Sejatinya Kizashi merupakan sedan sport andalan terbaru dari Suzuki. Namun bukan tidak mungkin tenaganya kembali terdongkrak hingga mencatatkan rekor dunia.

American Suzuki Motor Corporation (ASMC) berhasil memodifikasi sedan Suzuki ini untuk mencatatkan kecepatan hingga 327,855 km/jam dan mengukir prestasi sebagai Kizashi tercepat di dunia. Rekor ini juga berhasil mematahkan catatan waktu sebelumnya yakni 325,571 km/jam.

Pencapaian kali ini dilakukan Road & Track International editor, Sam Mitanidi, di lintasan Bonneville Salt Flats. Lintasan ini memang terkenal sebagai trek untuk menguji kecepatan maksimum dari sebuah kendaraan bermotor sebelum akhirnya mencatatkan rekor dunia.

Apa yang membuat Kizashi ini begitu spesial? Ternyata otak dibalik kesuksesan ini merupakan Holdener/Habrzyk. Mereka membuat racikan baru pada jeroan Kizashi. Misalnya saja cylinder head yang di porting, intake manifold baru, header berdesain long tube, serta forged piston untuk mencapai keluaran tenaga yang mumpuni di putaran tinggi.

Meningkatnya keluaran tenaga ini juga menuntut Kizashi untuk dijejalkan sistem intercooling air-to-water. Bagian kopling juga diganti plus saluran knalpot 3.5 inci yang difabrikasi serta motor turbo.

Agar tetap menapak dengan trek garam sepanjang 1.921 m, tim ASMC juga menggunakan parasut di bagian belakang, sebuah sekat aluminium, jok balap, serta kaca jendela bagian belakang yang dimatikan.

Dengan semua ubahan tiu, maka Kizashi ini layak pula diadu dengan Ferrari maupun Lamborghini.

Comments