Ternyata Bumi Kita Sebesar Pasir

Pernahkah kita membayangkan seberapa luas bumi yang kita tempati ini? Jika kita belum berkesempatan melanglang buana, melihat dan mengunjungi berbagai tempat di belahan bumi yang lain, maka tentulah ia akan terasa sangat luas tak terbatas. Ibarat seorang yang berdiri di pantai dan memandang lautan lepas. Yang terlihat hanyalah biru airnya hingga di ujung cakrawala penglihatan.


Tetapi sesungguhnya bumi yang kita pijaki ini hanyalah satu dari delapan planet yang ada di sistem tata surya kita. Bersama dengan planet-planet tersebut, ia mengelilingi matahari yang sebenarnya hanyalah satu di antara milyaran bintang di galaksi Bima Sakti. Sementara itu, Bima Sakti hanyalah satu dari jutaan galaksi yang mewujud di jagat raya ini.

Beberapa waktu yang lalu, ada email menarik yang mampir ke kotak surat saya. Ia berisi gambar-gambar menakjubkan tentang perbandingan besar antar planet dan beberapa bintang. Saya coba bagi melalui blog ini sebagai bahan renungan: Bahwa bumi kita, dan kita sendiri sebagai manusia, tidak ada apa-apanya dibandingkan ciptaan Allah yang bernama bintang-bintang.

Silakan simak gambar-gambar berikut ini:


Perbandingan besar bumi dan planet-planet lain. Tampak betapa kerdilnya bumi dibandingkan dengan raksasa Jupiter.


Perbandingan besar planet dan matahari. Sang planet raksasa Jupiter ternyata hanyalah kelereng dibandingkan bola basket Matahari.


Perbandingan besar Matahari dengan bintang-bintang lain. Sirius adalah salah satu bintang paling terang di langit malam.


Antares mempunyai diameter 700 kali dari Matahari. Ia merupakan salah satu dari 4 bintang terand di rasi Scorpio.

Kini saatnya bagi kita untuk merenung: Bahwa kita manusia tidak pantas membanggakan diri apalagi berlaku sombong dan congkak di muka bumi. Tak pantas kita merasa yang paling tahu, yang paling pintar, yang paling berkuasa…

Sungguh… dibandingkan dengan besar dan luasnya semesta, kita manusia boleh dikata tak ada artinya.

Videonya:


Comments