Tradisi Makan Tanah Makam, Antara Mitos Keberkahan dan Gizi

Jangankan tanah makam, tanah biasa saja kita sudah nggak terbayangkan untuk menelannya. Tapi namanya juga tradisi yang sangat kuat berhubungan dengan masalah keyakinan akan sebuah kepercayaan. Itulah yang berlaku di dalam keyakinan Tiongkok kuno saat acara bersih bersih makam atau dikenal dengan istilah Qingming festival.


Orang berbondong pergi ke kuil dimana leluhur mereka disemayamkan, untuk melakukan pembersihan sekaligus memohon berkat bagi keberuntungan. Ada hal yang mungkin akan dianggap banyak orang aneh dan sedikit dianggap menjijikan, namun karena ini sebuah ritual yang berhubungan dengan keyakinan bisa saja hal tersebut tidak berlaku.

Hal aneh tersebut adalah ritual memakan tanah pemakaman, baik dicampur dengan air atau langsung. Mereka percaya bahwa hal tersebut bisa memberikan keberuntungan dan keselamatan bagi mereka. Mereka percaya tanah tersebut adalah tanah yang suci. Banyak anak kecil hingga orang tua bahkan wanita hamil banyak yang memakan tanah yang menurut penduduk setempat juga banyak mengandung mineral.


Menurut hasil riset seorang ilmuwan yang bernama neuroscientist dari Bristol University Christopher Lowry, ia mengatakan bahwa pada tanah tersebut mengandung kadar serotonin yang sangat membantu meningkatkan sistem immune (pertahanan) tubuh manusia.

Comments