Ubah Tantangan Menjadi Kesempatan


Persaingan yang semakin ketat, membuat kita selalu tertantang untuk memperbaiki kemampuan diri agar dapat bertahan hidup. Tetapi laju datangnya tantangan kadang kala tidak bisa diprediksi sehingga diri kita kurang siap menghadapi setiap perubahan yang terjadi. Sehingga tantangan berubah wujud menjadi masalah untuk memiliki karier yang lebih baik.

Idealnya, kemampuan diri harus berbanding lurus dengan setiap tantangan di depan mata. Tetapi perasaan tidak yakin membuat kita merasa tidak mampu menaklukkan tantangan tersebut, alhasil kita kehilangan kesempatan untuk mengembangkan diri.

“Karena sebenarnya, persepsi kita mengendalikan reaksi yang kita keluarkan. Itu mengapa keberhasilan untuk mengubah masalah dan tantangan menjadi kesempatan harus kita tanamkan dalam wilayah persepsi diri. Inilah wujud nyata kekuatan diri,” papar Lauren Mackler, psikolog yang juga menulis buku Transform Your Life Speaking of Success.

Untuk mewujudkan semua kekuatan diri itu, Mackler mengajak kita untuk memoles persepsi dalam diri dengan melakukan hal-hal berikut ini:

Pertama, pastikan diri kita tidak menelan bulat-bulat setiap informasi negatif menyangkut dunia kerja. Ingatlah bahwa setiap informasi yang kita terima adalah sebuah pemberitahuan yang memperkaya pengetahuan kita, bukan untuk menakut-nakuti.

Setelah itu, buatlah daftar kesulitan-kesulitan apa saja yang kita alami selama menjalani rutinitas kantor. Perhatikan, bagaimana kesulitan-kesulitan itu bisa dihadapi. Misalnya, saat kita mendengar berita bahwa angka pengangguran semakin tinggi, kita langsung kuatir karena takut kehilangan pekerjaan. Jangan berlama-lama berada dalam situasi menakutkan yang kita ciptakan dalam persepsi diri sendiri. Yang perlu kita lakukan adalah menciptakan “jaring pengaman”.

“Dan jaring pengamanan itu adalah menyisihkan sebagian pendapatan kita sebagai tabungan. Apabila kondisi ekonomi tak semakin membaik, kita sudah punya modal untuk buka usaha sendiri,” kata Mackler.

Terakhir, Mackler mengingatkan, kadang kala ada situasi yang terjadi di luar kendali kita. Untuk itu jangan pernah ragu meminta bantuan dari orang-orang sekitar agar kita bisa keluar dari masalah. Karena kadang kala, butuh beberapa alternatif solusi untuk menaklukkan situasi luar biasa.

“Intinya, jangan pernah putus asa dan percayalah pada kemampuan diri yang kita punya,” ucap Mackler dengan antusias.

Comments