Yuk, Mengenal Budaya Kampus!


TANGERANG, KOMPAS.com - Dalam rangka mempersiapkan mahasiswa baru memasuki dunia pendidikan, Universitas Multimedia Nusantara (UMN) menggelar Program Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) 2010/2011, yang dibuka sejak Selasa (17/8/2010) dengan upacara HUT Kemerdekaan RI ke-65. OMB akan diadakan sampai Jumat (20/8/2010).

Budaya tiap kampus berbeda, dan budaya dari SMU menuju perguruan tinggi juga sangat jauh berbeda.
-- Bayu Laksma Pradana

Ketua Pelaksana OMB UMN 2010, Bayu Laksma Pradana, mengungkapkan, OMB wajib diikuti oleh semua mahasiswa baru UMN 2010/2011, yang berjumlah 1.230 mahasiwa. Tahun ini, OMB mengusung tema “ViVat Academia“ atau Jayalah Akademia. Tema tersebut diambil dari syair lagu Gaudeamus Igitur.

"Dengan harapan dan semangat mahasiswa baru kita akan mendapatkan kejayaan dalam segala aspek kehidupannya," ujar Bayu di Kampus UMN, Serpong, Tangerang, Rabu (18/8/2010).

Bayu mengatakan, berbeda dengan OMB sebelumnya, yaitu bertepatan dengan bulan ramadhan, kegiatan orientasi tahun ini lebih banyak berupa seminar dibandingkan permainan-permainan yang menguras fisik.

“Penyelenggarannya dari pukul delapan pagi sampai jam lima sore, yaitu seminar-seminar dengan topik menarik seperti prosedur perkuliahan, cara belajar program studi yang unik, tata tertib di universitas, narkoba, dan lain-lain," ujar Kepala Jurusan Manajemen UMN 2010 ini.

Bayu berharap, dengan digelarnya orientasi bagi para mahasiswa baru UMN 2010/2011 ini para mahasiswa bisa mengerti cara belajar dan berorganisasi di UMN, serta mengetahui budaya di kampus UMN.

“Budaya tiap kampus berbeda, dan budaya dari SMU menuju perguruan tinggi juga sangat jauh berbeda,“ ungkap Bayu. “Di sini kami sangat menghindari kekerasan dari senior kepada juniornya,“ lanjut dia.

Comments