6 Kecelakaan Pesawat Terfatal di Dunia

1. Ledakan Pesawat Ulang-Aling challenger 1986

pesawat yang di luncurkan pada 28 januari 1986 pukul 11.38 (waktu setempat) ni meledak 73 detik setelah penerbanganya. Hal ini terjadi karena Cincin O yang ada di sebelah kanan Roket sangat padat sehingga menimbulkan percikan api dan kebocoran tangki hidrogen.

Awak dari pesawat ini adalah Michael Smith, Dick Scobee, Judith Resnik, Ronald McNair, Ellison Onizuka, Gregory Jarvis, dan Christa McAuliffe. Ke-7 awak ini meninggal semua, namun penyebab utamanya bukanlah ledakan karena di dalam pesawat telah di siapkan berbagai alat untuk menyelamtkan diri. namun pnyebab utamanya karena para awak dalam keadaan pingsan terlempar akibat ledakan dengan kecepatan 207 mil ( 333 km/jam ) ke air.





2.Ledakan Pesawat TWA 800

Pada malam 17 Juli 1996, tak lama setelah matahari sudah terbenam, tapi saat langit masih terang, sebuah pesawat jet Boeing 747-131, 's penerbangan TWA 800, itu lepas landas dari bandara JFK dalam perjalanan ke Paris, Perancis. Penumpang ada 230 orang. Setelah 11 menit terbang pesawat ini hanya ada di ketinggian 13.700 di atas permukaan laut. seharusnya bisa lebih tinggi dari apda ini. hal ini di sebabkan karena adanya pesawat jet yang sedang uji coba. namun tak lama pesawat ini meledak di sekitar Samudra Atlantik dekat dengan MOriches. di perkirakan pesawat ini meledak karena adanya kebocoran di tangki pesawat. akibatnya semua penumpang pesawat ini meninggal karena tak sempat selamatkan diri.



3. Jatuhnya DC-10 American Airlines di Chicago tahun 1979

American Airlines Penerbangan 191 adalah penumpang penerbangan terjadwal secara teratur dari Bandara Internasional O'Hare di Chicago , Illinois , untuk Bandar Udara Internasional Los Angeles . Pada tanggal 25 Mei 1979, penerbangan, dioperasikan oleh McDonnell Douglas DC-10-10 , jatuh saat setelah lepas landas dari Chicago. jet itu 258 penumpang dan 13 awak, yang semuanya tewas dalam kecelakaan itu. Pesawat ini jatuh di perkirakan karena kehilangan kontrol setelah datasemen mesin.




dan ni stelah jatuh



4.Jatuhnya DC-10 Maskapai penerbangan Turki tahun 1974

Penerbangan 981 (DC-10) yang jatuh diluar senlis, Prancis. Kecelakaan ini dikenal dengan bencana "Ermenonville udara" sesuai dengan nama tempat pesawat tersebut jatuh. Kecelakaan ini terjadi karena kargo belakang mesin tidak berfungsi sehingga menimbulkan ledakan.Dan merupakan kecelakaan pesawat yang sangat mematikan. Kecelakaan ini menewaskan 346 orang. Pilot tidak memperhatikan alat kontrol pesawat.



5.Jatuhnya Adam Air Penerbangan 574 (KI-574)

Pesawat Adam Air Penerbangan 574 (KI-574) jatuh di sekitar perairan Majene, Sulawesi. Pesawat dengan seri Boeing 737 seri 400 ini di perkiran melakukan pendaratan di sebabkan sistem inersial navigasi mengalami kerusakan dan juga kelalaian pilot pesawat ini. Pesawat ini menewaskan 96 penumpang beserta 6 awaknya. ini adalah kecelakaan pesawat Boeing 737 seri 400 terparah di dunia. Sampai saat ini para korban belom bisa di temukan, di perkirakan semuanya menghilang di laut.



6.Tragedi Pesawat Concorde

Pesawat Concorde ini adalah pesawat super sonic comersial hasil dari kerja sama antara Inggris dan Perancis. pada Juli tahun 2000 pesawat ini jatuh sekitar 60 detik setelah take off dr bandara internasional setempat. kecelakaan ini menewaskan 109 penumpang dan 4 orang yang di darat. Kecelakaan disebabkan salah satu ban pesawat meledak dan membuat tank bahan bakar bocor, sehingga menyebabkan kebakaran yang memicu kegagalan mesin.

Kecelakaan fatal yang merupakan insiden pertama dalam sejarah Concorde tersebut menunjukkan penurunan kualitas Concorde. Pada 24 Oktober 2003, Concorde melakukan penerbangan komersial reguler terakhir.


Comments