Asal Usul dan Manfaat Buah Naga (Dragon Fruit)

buah naga4
Buah Naga atau sering di sebut Dragon Fruit. sudah ada yang tau sejarah nya buah naga??? dan kenapa dinamakan Buah Naga?? yuk kita bahas buat menambah pengetahuan kita semua. Buah Naga atau Dragon Fruit ini adalah jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Malaysia dan termasuk di indonesia. Pada tahun 1870 tanaman ini dibawa orang Perancis dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias. Oleh orang Vietnam dan orang Cina buahnya dianggap membawa berkah. Oleh sebab itu, buah ini selalu diletakkan di antara dua ekor patung naga berwarna hijau di atas meja altar. Warna merah buah jadi mencolok sekali di antara warna naga-naga yang hijau. Dari kebiasaan inilah buah itu di kalangan orang Vietnam yang sangat terpengaruh budaya Cina dikenal sebagai thang loy (buah naga). Thang loy orang Vietnam ini kemudian diterjemahkan di Eropa dan negara lain yang berbahasa Inggris sebagai dragon fruit (buah naga).

Untuk Jenis-Jenis Buah Naga :

* Hylocereus undatus, yang buahnya berwarna merah dengan daging buah putih

Hylocereus undatus

* Hylocereus polyrhizus, yang buahnya berwarna merah muda dengan daging buah merah

Hylocereus polyrhizus

* Selenicereus megalanthus dengan kulit buah kuning dan daging buah putih

Selenicereus megalanthus

* Hylocereus costaricensis, buah naga daging super merah.

Hylocereus costaricensis

Bagaimana sudah ada sedikt gambaran yah tentang sejarah buah naga sekarang.. Yuk di lanjut ke manfaat dari buah naga itu sendiri buat apa aza c??

Dibalik rasanya yang manis menyegarkan, buah naga kaya akan manfaat. Banyak orang percaya buah ini dapat menurunkan kolesterol dan penyeimbang gula darah mengandung vitamin C, beta karoten, kalsium dalam jumlah yang cukup baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan karbohidrat. Yang pasti buah naga tinggi serat sebagai pengikat zat karsinogen penyebab kanker dan memperlancar proses pencernaan. Zat-zat ini menetralkan racun dalam darah, meningkatkan daya pengelihatan dan mencegah hipertensi Unutk lebih lengkap tentang kandungan nutirisid an kandungan Gizi dalam buah naga tersebut. Semoga Bermanfaat

Berikut kandungan yang terdapat pada Buah Naga :

Kadar Gula : 13-18 briks
Air : 90 %
Karbohidrat : 11,5 g
Asam : 0,139 g
Protein : 0,53 g
Serat : 0,71 g
Kalsium : 134,5 mg
Fosfor : 8,7 mg
Magnesium : 60,4 mg
Vitamin C : 9,4 mg

Komposisi gizi per 100 gram daging buah naga
Air (g) 82,5 – 83,0
Protein (g) 0,16 – 0,23
Lemak (g) 0,21 – 0,61
Serat/dietary fiber (g) 0,7 – 0,9
Betakaroten (mg) 0,005 – 0,012
Kalsium (mg) 6,3 – 8,8
Fosfor (mg) 30,2 – 36,1
Besi (mg) 0,55 – 0,65
Vitamin B1 (mg) 0,28 – 0,30
Vitamin B2 (mg) 0,043 – 0,045
Vitamin C (mg) 8 – 9
Niasin (mg) 1,297 – 1,300

Bagaimana berminat untuk membeli dan mengkonsumsi Buah Naga??? yuk kita konsumsi Buah Naga. buah yang masih langka dan konon berbuah hanya mendekati musim Imlek saja. mudah-mudah penjelasan singkat diatas bisa menambah pengetahuan kita tentang buah yang satu ini.

Sumber: http://www.ari-punya-blog.co.cc/2010/09/asal-usul-dan-manfaat-buah-naga-dragon.html

Comments