Ads

26 September 2010

Gajah Lebih Takut Manusia Ketimbang Dinamit

Bagikan:


Gajah tidak takut akan ledakan dinamit, tapi takut akan manusia. Penemuan ini berdasarkan dari penelitian mengenai gajah yang berkaitan eksplorasi minyak di Afrika Tengah.

Peter Wrege dan para koleganya di Cornell University, New York, menggunakan alat pendengaran untuk mendeteksi suara dan pergerakan bumi di tambang di Loango National Park di Gabon.

Setelah mengumpulkan 27.000 jam rekaman, tim tersebut menganalisis bagaimana ledakan dinamit dan aktivitas manusia lainnya macam, berkendara dan menyiapkan alat, mengakibatkan kepanikan dari para gajah, seperti yang dikutip dari New Scientist.

Gajah aktif selama siang dan malam. Akan tetapi gajah-gajah yang tinggal di daerah sekitar pertambangan tersebut, banyak yang menjadi mahkluk malam, ini berdasarkan pada data-data berupa rekaman suara.

Ledakan dinamit mungkin terdengar sebagai petir bagi para gajah. Tapi manusia-manusia ini lah yang sebenarnya membuat gajah-gajah ini takut. Perubahan perilaku tersebut mungkin disebabkan oleh karena stres yang berlebih

0 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...