Pertama, Robot Jadi Saksi Pernikahan

Sebuah Robot menjadi saksi pernikahan yang berlangsung di Hibiya Park, Tokyo, Jepang. Upacara pernikahan yang melibatkan robot tersebut diklaim sebagai yang pertama di dunia.

I-Fairy, demikian sebutan robot tersebut bertindak sebagai saksi dalam sebuah upacara pernikahan. Tak tanggung-tanggung robot tersebut pun memegang karangan bunga.

Jepang selama ini memang dikenal sebagai negara yang memiliki industri robot paling maju di dunia. Selain itu dukungan aktif pemerintah juga mendorong pertumbuhan industri robot di masa depan. Sejumlah perusahaan Jepang baru-baru ini mendorong agar robot dapat terus dilibatkan dalam kehidupan sehari-hari. Demikian dilansir Telegraph, senin (17/5/2010).

Sebut saja, Honda yang telah mengembangkan robot yang mampu berjalan, dan perusahaan lainnya telah mengembangkan mereka untuk menghibur orang tua atau bermain bisbol. Kokoro, sebuah perusahaan yang memiliki slogan ""touch the hearts of the people", juga telah membuat robot dinosaurus raksasa untuk pameran dan robot model manusia yang dapat tersenyum dan tertawa.

"Kehadiran Robot dalam kehidupan sehari-hari sangat menyenangkan. Saya berpikir bahwa Jepang memiliki rasa yang kuat dan menyadari robot adalah teman-teman kita.. Orang-orang dalam industri robot kebanyakan memahami hal ini, tapi orang-orang menginginkan robot hanya untuk melayani tujuan tertentu," kata Satoko Inoue, 36 mempelai wanita dalam pernikahan tersebut.

I-Fairy diketahui dibanderol sekira 6,3 juta yen dan beredar di tiga negara, yakni Singapura, AS dan Jepang.

Sumber : Okezone

Comments