Sepak Bola Malam Pertama Pada 1878


SAAT ini, sepak bola digelar pada malam hari sudah biasa. Sebab, kecanggihan teknologi lampu sudah begitu pesat.

Sebelumnya, permainan sepak bola di malam hari menjadi seperti impian. Sementara, kebutuhan untuk tampil di malam hari sudah ada, mengingat jadwal yang makin ketat dan waktu luang penonton lebih banyak selepas senja.

Inggris sekali lagi menjadi pelopor dalam kreasi di bidang sepak bola. Sepak bola sudah menjadi olahraga favorit di negeri itu sejak lama.

Inggris mencoba menggelarnya pada Oktober 1878. Itu terjadi pada sebuah pertandingan di Sheffield. Untuk pertama kalinya, lampu sorot dipakai.

Tentu saja, saat itu kekuatan lampu tidak seperti yang diinginkan. Sorot lampu masih belum terlalu sempurna menerangi lapangan. Sehingga, pertandingan seolah terjadi dalam keremangan, namun tetap berjalan menarik.

Meski begitu, usaha Sheffield tersebut memelopori penggunaan lampu di stadion-stadion. Setelah itu, semakin sering pertandingan sepak bola dilaksanakan pada malam hari. Bahkan, ppertandingan baseball di Amerika Serikat pun akhirnya ikut-ikutan dilaksanakan pada malam hari, dimulai pada 1880.

Comments