10 Patung Yang Unik Di Asia

Karya seni berbentuk patung banyak ditemukan di negara-negara Asia, uniknya, patung ini bukan patung dewa ataupun figur politik. Seniman Asia memang sedang menggebrak, mereka mendobrak membuat karya seni di penjuru kota. Simaklah 10 patung paling nyentrik di Asia versi Hongkong’s best and worst public art.

1. Flushed away di Jepang





Terletak di atas gedung Bir Asahi, Tokyo. Masyarakat lokal menyebutnya unchi biru atau poop building. Bentuknya memang menyerupai kotoran berukuran raksasa. Pahatan 300 ton stainless steel rancangan arsitek Prancis, Phillipe Stark terlihat menyerupai busa yang menyembul dari gelas bir.

2. Jumping The Bridge di Singapura



Bangunan ini dijamin mengundang decak kagum para pengunjung yang melihatnya. Bertengger di samping Jembatan Cavenagh, patung anak-anak tak bertujuan itu tampak seperti ingin terjun ke Sungai Singapura.

3. Skeletons in Love di Thailand



Kalimat “Sampai Maut Memisahkan Kita” yang biasa menjadi ikrar sebuah pernikahan rupanya tak berlaku bagi patung ini. Dua buah patung kerangka manusia yang terbuat dari beton ini duduk berpengangan tangan dan tersenyum lebar, di tengah Taman Patung Salakeawkoo yang subur. Tampak indah dan romantic di sebuah tempat yang agak menyeramkan.

4. Bugged Buddha di Jepang



Sepintas tampak perhiasaan warna warni yang menempel di sekujur patung Buddha tersebut. Tapi jangan salah, patung tersebut ternyata terbuat dari 20 ribu serangga yang sudah mati. Seniman Inamura Yoneiji memerlukan waktu 6 tahun untuk menangkap serangga menakutkan tersebut, lalu menyusunnya menjadi patung di Pusat Komunitas Itakura. Ia berharap, jika serangga-serangga tersebut adalah bagian dari Buddha, maka jiwanya pun akan intirahat dengan tenang.

5. Peeping Cupid di Jepang



Para pencari cinta sejati mungkin saja mau berkumpul di sini. Patung cupid atau pemanah asmara itu tampak sedang mengintip di pojokan toko perhiasan di wilayah perbelanjaan dan hiburan Ginza. Patung cupid tampak belakang itu terbuat dari perunggu, lengkap dengan panah cintanya.

6. Bite Down di Korea Selatan



Dua patung pria yang terbuat dari perunggu menahan bangku kayu dengan giginya. “Eating a Biscuit Together” merupakan patung komik rancangan Ku Bom Ju, terletak di depan Museum Seni Bukchon.

7. More Than Meets The Eye di China



Penggemar Transformer akan tercengang melihat patung Optimus Prime setinggi 40 kaki di ujung selatan Cina. Ketua robot yang menakjubkan ini membawa pistol dan tampak seprti siap menyerang semua iblis yang datang.

8. It’s Alive di China



Mungkin satu-satunya yang bisa mengalahkan Optimus Prime adalah dia. Di tahun 2009, dalam rangka perayaan ulang tahun serial komik populer, Mobile Suit Gundam, patung robot jagoan setinggi 59 kaki ini berdiri tegak di Taman Shiokaze. Matanya menyala, kepalanya mengangguk dan berputar, dan pakaiannya menyemburkan uap.

9. Finger Lickin’ Down di Jepang



Tahun 1985 ketika tim bisbol Osaka memenangkan kejuaraan nasional, beberapa penggemar menyerang patung Colonel Sanders secara tiba-tiba dan menggulingkannya ke sungai. Mereka pikir patung tersebut mirip dengan pemain salah satu bintang tim tersebut. Hampir 1/4 abad kemudian maskot KFC tersebut ditemukan. Patung tersebut kehilangan kaki, tangan, dan kacamatanya, namun tetap tersenyum. KFc menyumbangkan patung tersebut di stadion tuan rumah Tiger di Osaka.

10. The Chase di Jepang



Wilayah Shiodome modern Tokyo dipenuhi harta karun aneh termasuk patung motif polkadot warna-warni yang merangkak mengitari sebuah pohon. Singgahlah untuk duduk sejenak jika Anda berkesempatan mengunjunginya.

sumber: http://hermawayne.blogspot.com/2010/10/10-patung-nyentrik-di-asia.html

Comments