11 Fakta Menarik Tentang Ilmu Pengetahuan

Mempelajari atau mengetahui banyak hal tentang kehidupan itu menyenangkan. Apalagi bisa sampe tau fakta-faktanya. Di antaranya ada 11 fakta mengagumkan ilmu pengetahuan yang bisa kamu baca sekarang.

1. Sebuah bawang yang kalo digosokkan ke kaki selama setengah sampe satu jam, bakal bisa dirasakan pengaruhnya. Soalnya, bawang mengalirkan suatu zat lewat aliran darah.


2. Bunuh diri nggak bakal bisa dilakuin kalo sambil menahan nafas. Kalo tetep dilakukan sampe nggak sadar diri, nanti akan bangun dan normal lagi bernafasnya.


3. Unta bisa hidup lebih lama tanpa makan dan minum, karena tubuhnya sanggup untuk itu. Tapi percaya apa nggak, jerapah jauh lebih tahan lama hidupnya, biarpun nggak ada air.


4. Konon faktanya, jari tangan bakal tumbuh empat kali lebih cepat dibanding jari kaki.


5. Lingkungan hidup terbesar di dunia adalah di sepanjang The Great Barrier Reef (karang koral) dengan panjang lebih dari 2000 km atau puluhan kali panjang Pulau Jawa.


6. Samudera mengandung garam yang cukup buat nutupin seluruh daratan di bumi dengan kedalaman 250 meter.


7. Tempat dengan kondisi suhu paling panas di dunia letaknya ada di daerah Azizia, Libya. Suhu di sana sekitar 57,8 derajat celcius atau hampir dua kalinya suhu rata-rata di Jakarta atau suhu normalnya tubuh seseorang, yakni 36 derajat celcius.


8. Danau paling dalam, tertua dan paling banyak isi airnya (tawar) di dunia adalah danau Baikal, Siberia, Rusia. Panjang danau sekitar 800 km dengan luas 60 km dan dalamnya hampir 2 km. danau ini merupakan situs warisan dunia (gambar).


9. Untuk mengukur keaslian sebuah mutiara gosokin aja apel cuka ke bagian permukaannya. Komposisi dari mutiara akan bikin lebih cepat menggelembung.


10. Ikan mas yang ditaruh di tempat gelap, kulitnya bisa berubah menjadi putih. Dan kalo bukan pengaruh makanan, maka perubahan itu akan terjadi pada seluruh tubuhnya.


11. Orang yang setiap harinya menggunakan tangan kanan dalam beraktivitas, rata-rata punya kehidupan lebih lama, yaitu sekitar sembilan tahun dari orang yang selalu beraktivitas menggunakan tangan kiri atau tangan kidal.

Comments