Batasan Selingkuh Beda untuk Pria dan Wanita



Ketika Anda sedang berlibur, jauh dari suami atau kekasih, dan tiba-tiba bertemu mantan yang dulu bikin Anda tergila-gila, apa yang Anda lakukan? Carrie Bradshaw dalam Sex and the City 2 memilih untuk mengikuti kata hatinya. Ia mengecup Aidan (diperani John Corbett).

Kecupan itu memang tidak begitu dalam, namun kita tahu Carrie sebenarnya masih memiliki perasaan khusus terhadap Aidan. Bila hal itu terjadi pada kita, tentu kita akan merasa bersalah dan berusaha berpikir positif: toh, kita tidak melakukan apa pun yang "berbahaya". Itu hanya kecupan ringan untuk seorang teman.

Namun meskipun berusaha keras mengenyahkan rasa bersalah tersebut, Anda pasti akan tetap dihantui pikiran. Apakah saya telah berselingkuh? Sebab saya tidak ingin terlibat lebih jauh dengan si mantan.

Penulis dan pakar hubungan, Dr David Eigen, mendefinisikan selingkuh sebagai apapun yang dilakukan tanpa integritas terhadap komitmen, kesepakatan, atau janji pernikahan Anda. Bolehkah kita makan malam dengan seorang mantan jika kita sudah terlibat hubungan dengan orang lain?

"Sebenarnya boleh saja," kata Eigen, "jika hubungan pertemanan Anda dalam kadar yang sehat."

Kapan kita dikategorikan berselingkuh memang masih diperdebatkan, karena batasannya berbeda untuk pria maupun wanita. "Perempuan biasanya lebih emosional. Sedangkan untuk pria lebih berkenaan dengan seks," ujar pakar sek, Dr Victoria Zdrok.

Menurutnya, perempuan tidak hanya lebih emosional, tetapi juga lebih pemaaf. Kebanyakan perempuan mampu memaafkan saat pasangannya berselingkuh. Asal, yang dilakukan hanya untuk seks, bukan berpindah ke lain hati alias melibatkan perasaan. Kebalikannya, pria justru lebih sulit memaafkan urusan seks ketimbang cinta.

Jika situasi yang terjadi pada Carrie dan Aidan ini juga Anda alami, akibatnya tentu jauh lebih parah daripada jika Anda berselingkuh dengan pria kenalan Anda yang baru. "Selingkuh dengan mantan itu jauh lebih menyakitkan (untuk pasangan)," lanjut Dr Zdrok.

Penyebabnya tak lain adanya komponen emosional yang kuat antara Anda dan mantan. Apalagi jika dulu Anda berpisah baik-baik, tanpa permusuhan. Aiiih... ribet!

Comments