Ads

23 Oktober 2010

Dibalik Cincau, Hitam yang Menyegarkan

Bagikan:

Meski terlihat sepele, cincau hitam adalah makanan tradisional yang terbuat dari ekstrak daun cincau. Umumnya dijual di pasar tradisional sampai di pasar swalayan. Awalnya tanaman cincau berasal dari Asia, India, Birma, Indocina, Philipina dan Indonesia.

Kandungan Gizi dan Khasiat Cincau Hitam

Masyarakat Indonesia mempercayai cincau hitam baik untuk kesehatan. Bahan baku cincau hitam adalah ekstrak tanaman janggelan (mesona palutris) yang telah dikeringkan. Daun janggelan mengandung nilai gizi yang cukup baik per 100 gramnya, terutama ditinjau dari kandungan mineral dan vitaminnya.

Cincau hitam merupakan bahan makanan yang sangat minim kandungan gizinya. Kandungan terbesar adalah air, hampir mencapai 98 %. Cincau hitam mengandung sejumlah mineral dan karbohidrat dalam jumlah lumayan, vitamin A, B1, C, kandungan kalori rendah dan memiliki khasiat menurunkan panas badan, panas dalam, mencegah gangguan pencernaan, menurunkan tekanan darah tinggi dan menurunkan berat badan.

Cincau hitam berkhasiat sebagai penurun panas badan, obat demam, obat sakit perut (perut mual), obat diare, obat batuk, pencegah gangguan pencernaan, dan penurun tekanan darah tinggi. Makanan penghilang dahaga nan menyegarkan ini bermanfaat untuk kesehatan karena ada kandungan serat larut air yang terdapat didalamnya.

Didalam tubuh, serat larut air dapat mengikat kadar gula dan lemak sehingga bermanfaat untuk mencegah penyakit diabetes melitus, jantung, stroke, dll. Ekstrak cincau hitam memiliki aktivitas antioksidan yang jauh lebih kuat dari vitamin E.

0 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...