FIFA Akan Uji Teknologi Garis Gawang


ZURICH, KOMPAS.com - FIFA mengagendakan diskusi mengenai uji teknologi garis gawang pada pertemuan di Cardiff, pekan depan. Menurut Daily Mail, FIFA sudah pasti akan melakukan pengujian dan pertemuan itu cuma akan memutuskan kepada perusahaan independen mana pengujian dipercayakan.

Langkah FIFA ini merupakan tindak lanjut soal polemik dan kontroversi penggunaan teknologi dalam sepak bola untuk mengurangi tingkat risiko sebuah tim dirugikan kesalahan wasit.

Salah satu momen pemicunya adalah tidak disahkannya gol gelandang Inggris, Frank Lampard, ke gawang Jerman, pada Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Padahal, dari tayangan ulang, terlihat bola sudah melewati garis gawang sebelum memantul keluar.

Teknologi yang direkomendasikan banyak pihak adalah Hawk Eye, yang sudah diterapkan di olahraga cricket dan tenis. Sistem yang dipakai Hawk Eye adalah kamera atau sensor di dalam bola.

Menanggapi itu, Direktur Pelaksana Hawk Eye, Paul Hawkins, mengatakan, "Rencana FIFA adalah memilih satu perusahaan independen untuk bertanggung jawab menguji semua sistem dan cukup menjanjikan bahwa itu akan terjadi."

"Ini adalah sesuatu yang telah kami sarankan karena Anda harus yakin terhadap kriteria keilmuan yang sesuai," tambahnya. (DM)

Comments