Gigi Putih Bak Mutiara


Senyuman indah harus didukung dengan gigi yang putih dan sehat. Raihlah itu semua dengan hanya melakukan beberapa perubahan kecil pada kebiasaan kita.

Memperbanyak asupan sayuran dan buah bisa menolong kita dalam mencegah terjadinya kerusakan pada tubuh, tulis Michael Roizen, MD, ahli dari RealAge dan Mehmet Oz, MD, dalam buku mereka yang berjudul YOU: Being Beautiful.

Namun, kebiasaan mengkonsumsi makanan juga bisa berpengaruh terhadap warna gigi kita. Beberapa makanan, seperti anggur, kopi, teh, soda, wortel, dan jeruk dapat membuat gigi menjadi kuning dan gelap. Asam yang terkandung dalam buah-buahan masam akan memicu munculnya warna kuning dari gigi.

The Australian Dental Association, menyatakan bahwa kafein dapat mengganggu proses produksi air liur yang mengakibatkan mulut menjadi kering dan hal tersebut dapat memicu kerusakan pada gigi.

Kita bisa menggantinya dengan mulai mengkonsumsi apel, seledri dan wortel, karena mereka merupakan pembasmi noda yang alami, ujar Drs. Roizen dan Oz. Namun khusus untuk wortel, ada baiknya kita tidak mengkonsumsi secara berlebihan karena mempengaruhi warna gigi.

Sayur-sayur hijau seperti bayam, brokoli, dan selada juga dapat menjadi pelindung noda gigi yang ampuh. Selain itu, berkumurlah dengan air setiap kali kita menyantap makanan yang dapat mengotori gigi kita, seperti minuman anggur, teh, blueberries, kecap manis, saos tomat dan jus cranberry.

Bukan hanya kopi, minuman bersoda juga dapat merusak gigi kita bahkan yang berlabel diet sekalipun. ” Semua minuman ringan yang mengandung kafein, seperti kola dan minuman penambah tenaga memberi efek yang sama.”, kata Don Wilson, ketua dari The Association's Oral Health Education Committee

Kilaukan gigi dengan memelihara kebersihannya serta memperhatikan segala asupan yang masuk ke mulut kita.

Comments

Post a Comment