Ads

30 Oktober 2010

Kegunaan dari Orto Behel

Bagikan:

Kawat gigi tak lagi berfungsi sebagai pengatur susunan gigi sehingga merata dan terlihat indah (estetika). Sebaliknya, karena keindahannya itu, membuat senyum dan raut wajah si pemakai behel (kawat gigi) tampak lebih cantik. Jutaan rupiah pun dikeluarkan demi barang kosmetik gigi ini.

Behel sudah mulai booming di Indonesia sejak era 1990-an, namun tren ini sudah masuk Indonesia sejak 1970-an silam. Dulu bracket (bagian yang menempel di gigi) ini ada dua jenis yaitu terlihat dan tak terlihat. Seiring perkembangannya, bracket diciptakan dalam berbagai bentuk dan warna ‘aksesoris’ nya sehingga menjadi sebuah produk kosmetik gigi yang terus diincar konsumen sebagai sebuah produk yang tidak saja berfungsi sebagai alat kesehatan gigi, tapi juga memiliki nilai kegensian yang tinggi sebagai sebuah ‘perhiasan’ gigi.

Ada kesan jika mereka yang memakai behel itu orang-orang berborju (berduit-red), karena harga kawat gigi jutaan rupiah, malah ada seharga satu sepeda motor. Jadi tak salah ada persepsi yang mengatakan kawat gigi dipakai oleh mereka yang memang berduit. “Kalau dilihat dari harga behel yang jutaan rupiah itu tak salah sebagian orang menilai si pemakai behel adalah orang kaya.

Orthodonti


Yang membutuhkan perawatan Orthodonti


Perawatan ortho diperlukan oleh pasien yang memiliki posisi gigi yang tidak atau kurang ideal seperti keadaan maju kedepan, gigi yang bertumpuk, struktur gigi dengan rahang bawah lebih maju dari rahang atas ataupun gigi-gigi yang renggang.

Usia yang tepat untuk menggunakan kawat gigi


Penggunaan kawat gigi dapat dimulai ketika semua gigi permanen telah menggantikan gigi susu, sekitar usia 11-14 tahun. Tidak ada batas umur untuk penggunaan kawat gigi, sepanjang pasien mempunyai gusi sehat. Jika pasien memiliki masalah rahang, perawatan boleh dilakukan lebih awal, selagi anak masih dalam masa pertumbuhan.

Perasaan yang dirasakan saat menggunakan kawat gigi

Sedikitnya dibutuhkan satu minggu untuk membiasakan diri dengan kawat gigi yang terpasang. Pada awalnya pasien akan merasa kurang nyaman disekitar lidah & pipi bagian dalam ketika kedua bagian tersebut menyentuh kawat gigi. Gigi akan terasa tertarik selama beberapa hari setelah kawat dipasang dan setelah kontrol rutin. Pasien juga akan juga merasakan gigi sedikit goyah.

Kawat gigi akan mudah menjerat sisa makanan dan menimbulkan plak. pasien dianjurkan menyikat gigi lebih sering yaitu pada pagi hari, malam hari, dan setiap selesai makan.

Waktu Ideal yang diperlukan untuk memperbaiki struktur gigi

Rata-Rata waktu penggunaan kawat gigi untuk perawatan menyeluruh adalah 2 sampai 3 tahun. Waktu perawatan mungkin lebih panjang jika kasus pasien lebih kompleks. Sangat penting menggunakan kawat gigi dan aksesories pendukung lainnya yang dianjurkan dan tepat waktu dalam melakukan kontrol dalam rangka mencapai suatu hasil perawatan yang maksimal.

Alat Rongen Gigi


Dental Unit


Kegunaan dari Orthodontic

Orthodontic Saja



Orthodontic dan Operasi

Sumber: http://rossiaulia.blogspot.com/2010/03/kegunaan-dari-orto-behel.html

0 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...