Sekilas Tentang Duct Tape

Duck Tape versi Amerika
Duct tape adalah isolasi multiguna yang dikembangkan semasa Perang Dunia II bagi kebutuhan militer untuk membungkus kotak amunisi agar tahan terhadap air. Awalnya jenis isolasi ini dibuat dari bahan kanvas dengan tambahan perekat pada salah satu sisinya. Bahan kanvas atau linen kanvas ini disebut dengan istilah cotton duck asal kata dari bahasa Belanda yaitu doek. Saat ini duct tape dibuat dari bahan dasar polyethylene atau biasa kita kenal dengan plastik PE. Karena diciptakan bagi kebutuhan militer maka duct tape memiliki standarisasi dengan lebar 17/8 inci atau 48 mm dengan warna dasar hitam dan perak. Permacel (Johnson & Johnson) kemudian menambahkan perekat dengan bahan dasar karet sintetis dan juga jalinan kain didalam duct tape tersebut. Dengan penambahan itu duct tape menjadi semakin tahan air serta kuat sehingga penggunaannya meluas untuk memperbaiki senjata api, tank, bahkan pesawat terbang dalam kondisi darurat. Asal kata duct tape sendiri masih dalam perdebatan, sebagian sejarawan mengatakan kata duct berawal dari kata duck (bebek), karena dahulu tentara mengasosiasikan isolasi tahan air itu dengan lapisan bulu2 bebek yang memang bersifat tahan air. Ketika perang usai surplus isolasi tersebut turut dibawa pulang dan digunakan dalam kebutuhan rumah tangga/kantor/industri untuk memperbaiki kebocoran pada saluran ventilasi (ventilation duct). Sehingga muncullah istilah duct tape.

Kamus English Oxford menuliskan bahwa asal kata duct tape adalah benar duck tape, karena bahan awal yang digunakan adalah linen kanvas yang disebut cotton duck atauduck. Sejarah juga mencatat bahwa duck tape sepanjang 100.000 yards (91.440 meter) digunakan untuk membungkus kabel gantung bagi Jembatan Brooklyn Bridge tahun 1903 yang menghubungkan Manhattan dan Brooklyn.


Duct tape juga membuktikan kegunaannya ketika terjadi kebocoran filter CO2 dalam kapsul penyelamat Apollo 13 tahun 1970. Dengan sedikit “kerajinan tangan” dari Jim Lovell dan duct tape, masalah tersebut dapat teratasi. Duct tape juga digunakan ketika Lunar Rover yang dibawa oleh Apollo 17 harus diperbaiki dalam situasi darurat di bulan. Bahkan tokoh McGyver yang terkenal akan kepiawaiannya dalam mengakali sesuatu, selalu tidak lupa untuk membawa duct tape.


Duck Tape versi Australia
Ada perbedaan antara duct tape versi Amerika dan versi Australia/New Zealand. Duct tape versi Amerika memiliki lapisan kain pada salah satu sisinya dengan daya rekat yang tinggi, sedangkan versi Australia/New Zealand tidak memiliki lapisan kain, daya rekat yang lebih rendah dan jauh lebih tipis. Pabrikan 3M di Amerika mengeluarkan versi ini dengan namaElectrical Tape (isolasi listrik).

Comments