Sekilas Tentang Sopir

Mengutip dari wikipedia Indonesia, sopir atau supir adalah pengemudi profesional yang dibayar oleh majikan untuk mengemudi kendaraan bermotor.



Sopir dibagi dalam dua kelompok yaitu sopir pribadi yang menjalankan kendaraan pribadi dan yang kedua adalah sopir perusahaan yang bekerja untuk perusahaan angkutan penumpang umum seperti taksi, bus, ataupun angkutan barang.


Sopir/supir berasal dari bahasa Perancis yaitu "chaffeur". Pada awalnya chaffeur adalah istilah dalam bahasa Perancis yang digunakan bagi seseorang yang bekerja sebagai operator mesin uap atau dalam bahasa Inggris disebut "stoker" atau "fireman".


Ketika mobil bermesin bensin pertama diperkenalkan, penggunaannya belum semudah masa kini. Dahulu untuk menghidupkan mesin mobil dibutuhkan alat semacam tabung untuk menghangatkan mesinnya terlebih dulu. Chaffeur-lah yang bertugas untuk melakukan hal ini, mempersiapkan kendaraan bagi majikannya. Lama kelamaan chaffeur akhirnya merangkap sebagai pengemudi bagi kendaraan sang majikan. Karena dulu hanya kalangan atas saja yang mampu untuk membeli kendaraan, maka kata chaffeur akhirnya melekat pada golongan tersebut.


Di negara2 maju, kata chaffeur akhirnya mengacu pada jenis pekerjaan sebagai pengemudi profesional bagi kaum kelas atas-atas dan atas-menengah. Jenis kendaraannya dapat berupa kereta kuda, sedan mewah, bus pribadi dan terutama limosin. Sementara kata "driver" mengacu pada jenis pekerjaan sebagai pengemudi profesional namun bagi moda transportasi publik atau perusahaan, seperti "truck driver" atau "bus driver". Lain halnya di negara2 berkembang dimana tenaga kerja murah berlimpah, bahkan kaum kelas menengah dan menengah-bawah dapat mempekerjakan seorang pengemudi berbayar dengan panggilan "driver".


Sopir Angkot

Di Indonesia, istilah supir dan driver masih campur aduk, kadang kita menyebut pengemudi truk atau atau pengemudi angkutan kota sebagai sopir, kemudian tetangga kita yang memiliki mobil mewah+pengemudinya menyebut si pengemudi dengan sebutan driver, sementara tetangga lainnya dengan tingkat ekonomi cukup mempekerjakan seorang pemgemudi yang ia sebut sebagai sopir untuk antar jemput anak. Padahal dari sisi sejarah dibedakan kelasnya antara chaffeur/sopir dan driver meski keduanya sama2 mengemudikan kendaraan.

Comments