Selamatkan Diri Sendiri dengan Berhenti Merokok



Menyadarkan orang lain untuk tidak merokok bukan pekerjaan mudah. Apalagi perokok dengan mudah akan berdalih bahwa merokok adalah hak pribadi yang tak bisa dicampuri. Puteri Indonesia Lingkungan 2009 yang dinobatkan menjadi Duta Masyarakat Sehat Tanpa Rokok sejak Mei 2010, Zukhriatul Hafizah, sangat memahami kondisi ini.

"Fokusnya bukan untuk melarang merokok. Kesadaran bahaya rokok perlu disosialisasikan perlahan dengan komunikasi yang baik. Prinsipnya bagaimana memberikan penyadaran kesehatan, memotivasi diri untuk lebih memerhatikan kesehatan, dan utamanya menyelamatkan diri sendiri," kata Fiza pada Kompas Female, di sela aksi damai anti tembakau bersama Komnas Pengendalian Tembakau dan 38 finalis Pemilihan Puteri Indonesia (PPI) 2010 di Citywalk Sudirman, Jakarta, Sabtu (2/10/2010).

Dari pengalaman Fiza, menjadi duta membuka kesempatan untuk lebih luas menyebar pesan bahaya merokok. Menurutnya, penyadaran terhadap perokok aktif maupun pasif tidak bisa
dilakukan frontal.

"Rokok mengandung 4.000 racun, ini fakta yang perlu diketahui. Namun tak mudah menyadarkan orang untuk tidak merokok meski ada data ini. Kampanye yang saya lakukan melalui pendekatan personal, selain melalui berbagai program Komnas Pengendalian Tembakau," kata Fiza.

Banyak perempuan mengaku ingin terbebas dari rokok, namun memang butuh proses untuk membantu mereka hidup sehat, tambahnya.

Fakta mengenai bahaya rokok juga disampaikan Fiza melalui jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Pesan mengenai penyadaran bahaya merokok perlu disampaikan dengan cara
komunikasi yang ringan.

Perlu bantuan musisi atau artis
Kata Fiza, dukungan dari musisi atau pelaku industri hiburan juga diperlukan untuk mengkampanyekan hidup sehat tanpa rokok.

"Semakin banyak musisi atau artis yang menolak terlibat dalam acara hiburan yang disponsori brand rokok," sebutnya.

Sangat disayangkan oleh Fiza, masih banyak konser musik atau acara hiburan yang menyasar anak muda masih disponsori oleh perusahaan rokok.

Memilih untuk merokok diakui Fiza adalah hak setiap orang. Namun bagaimana memahami bahaya yang ditimbulkan, dan menggalang dukungan dari berbagai pihak untuk tidak merokok, adalah tugas bersama. Tak hanya menolong diri sendiri dari berbagai risiko kesehatan namun juga menyelamatkan orang lain dari menghirup asap rokok yang sebenarnya tak diinginkan.

Sumber: http://female.kompas.com/read/xml/2010/10/02/15480654/Selamatkan.Diri.Sendiri.dengan.Berhenti.Merokok-12

Comments