Tips Merawat Peralatan Dapur Berbahan Alumunium

Penyebab rusaknya peralatan dapur bisa dikarenakan terlalu sering dipakai, tak pernah dipakai, atau karena perawatannya yang kurang tepat. Beragam jenis peralatan dapur dengan berbagai model yang terbuat dari macam - macam bahan seperti stainless stell, plastik, kayu, anti lengket hingga alumunium mungkin telah tersedia di dapur Anda. Dan semuanya memerlukan pelakuan yang berbeda - beda.

Bagi Anda yang memiliki peralatan dapur berbahan alumunium, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan :

  • Rebuslah air yang sudah ditambahkan sedikit cuka hingga mendidih dalam peralatan baru atau yang belum digunakan seperti wajan, panci, pengukus dan alat memasak lainnya yang berbahan alumunium. Hal ini bisa mencegah makanan lengket saat diolah.
  • Untuk membersihkan peralatan yang menghitam atau berkarat. Campurlah 1 liter air dan tambahkan 1 sendok teh krim of tartar. Rebus selama 10 menit dalam alat tersebut, angkat. Selanjutnya gosok dengan spon hingga bersih selagi air rebusan masih hangat.
  • Untuk menghilangkan bau amis atau anyir yang masih menempel bubuhi dengan beberapa tetes air jeruk nipis / lemon. Diamkan selama 15 menit, lalu cuci bersih menggunakan sabun cuci dan spon.
  • Khusus untuk loyang, cetakan kue dan wadah lainnya yang tidak terkena api langsung, setelah dicuci bisa dikeringkan dibawah terik matahari atau panaskan dalam oven selama 2 menit. Atau bisa juga dengan dikeringkan menggunakan lap bersih. Hal ini untuk menghilangkan noda atau flek yang akan merusak penampilan peralatan tersebut.
  • Agar oven konvensional tahan lama, selalu bersihkan seluruh bagiannya mulai dari kaca, rak, hingga bagian bawah oven yang langsung terkena api.

Comments