Airport Sabiha Gökçen Di Istambul Yang Anti Gempa

Bangunan anti gempa sudah sering kita lihat, terutama bangunan di Jepang dimana mereka meletakkan sebuah dudukan (disebut dengan bearing) yang akan bergerak untuk meredam gerakan bila terjadi gempa bumi. Airport Sabiha Gökçen di Istambul, Turki pada area baru untuk penerbangan internasional akan menjadi sebuah airport pertama di dunia yang tahan gempa sampai skala 7 lebih dan akan menjadi bangunan anti gempa terbesar di bumi ini.

http://static.panoramio.com/photos/original/762510.jpg


http://www.airport-technology.com/projects/sabiha-gokcen/images/3-sabiha-gokcen.jpg

Banguan dengan luas sekitar 185.806 m2 ini dibangun tidak dengan "menempel" di tanah melainkan berada di atas dudukan (bearing) yang berjumlah sekitar 300 buah.

Dan dari dudukan inilah, banguan airport ini akan menjadi aman walaupun terjadi gempa karena fleksibelitas dudukan yang ada.

http://www.seasidepropertiesturkey.com/istanbul_real_estate/formula-1-property/area-information/sabiha-gokcen-airport.jpg

http://www.istanbulbooker.com/istanbul-photo/istanbul-flight-airport.jpg

Airport anti gempa ini dibangun setelah Turki mengalami gempa hebat (skala 7,4) pada tahun 1.999 dan juga mereka telah memprediksi bahwa gempa hebat akan terjadi lagi pada 30 tahun ke depan, itulah alasannya mereka membangun airport ini.

Comments