Mengintip Proses Pumbuatan Kertas Struk Yuk!

Kertas Struk/Paper Roll biasa digunakan untuk bukti pembayaran ketika agan belanja di Suatu toko seperti yang ane sebutkan diatas atau toko manapun yang menggunakan mesin cash register gan, kertas struk biasanya memuat All item yang agan beli, misalnya odol, sabun, sampo dll semua barang yang agan beli pasti di catet di Kertas ini gan.Kertas Struk/Paper Roll adalah bukti kongkrit dan jelas serta jujur dan tidak dapat dimanipulasi oleh kita(Asal mesinnya ga dirubah - rubah aja gan hehehe).Kertas struk tidak hanya digunakan sebagai bukti pembayaran di toko toko aja gan, kertas struk/paper roll juga dipakai oleh mesin ATM untuk bukti transfer, bukti penarikan uang, pembayaran Rek listrik, tlp aer dll gan.Ada juga yang pake kertas struk untuk nomor antrian gan.Kertas Struk memiliki berbagai jenis.
Antara lain :

1.Kertas struk 1ply (HVS)
satu lapis, yang biasa disebut kertas HVS ini mempunyai ciri fisik seperti wanita yang disukai banyak pria gan, yaitu putih bersih bersinar.

2.Kertas struk 2lpy/3ply/4ply (NCR)/No Carbonless Paper.
memiliki lebih dari satu lapisan gan, biasanya 2/3/4 lapisan, biasa disebut copy carbon.Ketika agan nulis dikertas ini, tulisan agan akan langsung tembus ke kertas dibawahnya juga tanpa agan harus menyisipkan carbon terlebih dahulu.makanya disebut no carbonless paper.

3.Kertas Thermall
satu lapis tetapi mengkilat dan cepat luntur, biasa digunakan di mesin ATM. Kertas Thermall cenderung tidak dapat menyimpan text yang ada di atas kertas tersebut, karena sistem penulisan di kertas ini bukan memakai tinta melainkan memakai penghangat. Harga kertas ini paling tinggi diantara kertas kertas lainnya gan, kertas Thermall biasa agan dapatkan ketika agan melakukan transaksi fisik di mesin ATM.

4.Kertas koran/CD paper
satu lapis, tapi kertas cenderung buram tidak seperti kertas HVS yang putih bersih bersinar, biasa digunakan untuk Media cetak khususnya Koran.Karena itulah kertas ini biasa disebut kertas koran, padahal nama asli kertas ini adalah kertas CD.(bukan CD=celana dalam ya gan)hehehe,,

SETELAH TAU BERBAGAI JENIS KERTAS MARI KITA INTIP CARA PEMBUATANNYA GAN,,CEKIDOT GAN

Spoiler for :

Ini Bahan baku Kertas Struk, dari kertas glondongan dengan diameter mencapai 3m lebar nya 6-7m gan.


Spoiler for :

Setelah itu kertas dinaikan ke mesin potong/slitting untuk mengikuti proses pemotongan/slitting, dari yang lebar 6-7m dipotong menjadi diameter 3-4cm dengan lebar7,5cm aja gan.Menaikan kertasnya pake tackle gan, dikerek gitu ke atas kek nimba air di sumur hehehe..


Spoiler for :

Ini proses awal, kertas direkatkan ke as besi untuk bisa di potong menjadi ukuran yang diinginkan, dari ukuran lebar 6-7m dirubah jadi 7,5cm yang tadi dah ane bilang, tapi buat pict yang ini, lebar kertasnya cuma 3m gan.

ni pict setelah semua kertas di rekatkan dan siap mengikuti proses Slitting/Pemotongan.


Spoiler for :

Nah ini pict kertas dengan lebar 6-7m yang uda dirubah lebarnya (mengikuti proses slitting) jadi cuma 7,5cm aja gan, hebatkan mesin handmade buatan ane ini.



Spoiler for :

nih kertas yang uda dipotong n uda dikeluarin dari mesin nya gan



Spoiler for :

Kertas yang uda dirubah lebarnya ini, akan menjalani proses rolling gan, nih kek yang ada di picture ini, disebut proses rolling



Spoiler for :

Setelah ditempelin label, Ini dia gan kertas struk/Paper Roll yang sudah dirubah dari diameter 3-4m, dengan lebar 6-7m yang sudah mengikuti berbagai proses dan dirubah menjadi kertas struk yang hanya berdiameter 3-4cm dan lebarnya hanya 7,5cm.


Spoiler for :

Abis itu dimasukin deh gan ke plastik berukuran 22x40cm untuk tetap menjaga kertas ini supaya ga kena angin, dan tetap fresh kek makanan


Spoiler for :

abis tu dimasukin lagi ke kardus gan, untuk memudahkan pada saat proses shipping ke konsumen, tiap karton ada 100roll kertas gan,
jadi 1karton = 100Roll kertas struk.


Spoiler for :

Ini dia gan stok kertas struk di gudang ane.Ada yang pesen langsung siap antar ga pake delay, kecuali shipping luar kota, biasanya delay 2-3hari.Tergantung daerah nya.

Comments

  1. gan permisi mau numpang nanya , gmna ya caranya mencari kertas rol jumbo seperti itu tapi yang reject,,? mohon di bantu gan,, ini no telepon saya gan 085853447439

    ReplyDelete

Post a Comment