Ads

20 November 2010

Menjelajahi Dunia Nano Tanpa Mikroskop

Bagikan:


Dunia nano alias dunia superkecil yang hanya bisa dilihat menggunakan mikroskop elektron ternyata mengesankan. Dunia itu menggambarkan bagaimana partikel-partikel yang menyusun benda-benda di sekitar kita tertata membentuk struktur yang unik. Di dunia itu, manusia juga bisa melihat struktur mirip Menara Eiffel dan tumpukan panekuk dalam ukuran supermini.

Kesempatan menjelajahi dunia nano ini bisa Anda nikmati bersama hingga tanggal 30 November 2010. Kali ini, Anda tak perlu menggunakan mikroskop elektron untuk menjelajahinya. Anda tinggal datang ke Science Film Festival 2010 yang diadakan di empat tempat, Blitz Megaplex Pacific Place, PPIPTEK TMII, Universitas Paramadina, dan Goethe Institut.

Dunia nano akan bisa dilihat lewat film berdurasi 17 menit berjudul Nano You. Di film ini, Anda akan menemukan fakta-fakta baru yang berkaitan dengan nano, seperti jenggot pria yang rata-rata tumbuh 5 nanometer setiap detiknya hingga DNA yang memiliki lebar 2 nanometer. Sebagai gambaran, 1 nanometer adalah panjang 1 meter dibagi 1 miliar.

Fakta lain berkisar tentang makhluk hidup. Misalnya, sayap kupu-kupu tertentu terdiri dari tumpukan-tumpukan yang berwarna biru muda yang bila disayat melintang akan menunjukkan struktur mirip pohon natal. Sementara itu, bagian bawah semut ternyata memiliki bantalan yang membantunya rekat di permukaan sehingga tak mudah tergelincir.

Lewat film ini, gambaran masa depan dari teknologi berbasis pengetahuan tentang dunia nano juga bisa terlihat. Dengan teknologi nano, susunan partikel dan komposisinya bisa diubah sehingga menciptakan kesempatan untuk membuat materi dengan sifat yang berbeda. Telepon genggam, misalnya, mungkin nanti bisa dibuat lentur dan dilingkarkan di tangan seperti gelang.

Film ini bisa disaksikan secara gratis di Science Film Festival dengan memesan tiket terlebih dahulu di Goethe Institut melalui nomor 0858-9057-9010 atau 021-23550208 ext 131. Selain itu, pemesanan tiket juga bisa dilakukan dengan mengirim e-mail ke sff@jakarta.goethe.org. Begitu Anda memesan, nama Anda akan tercatat di daftar penonton sehingga Anda tak memerlukan tiket fisik.

Untuk jadwalnya, Nano You bisa disaksikan tanggal 22 November 2010 di Blitz Megaplex Pacific Place (pukul 11.00) serta di PPIPTEK TMII tanggal 22, 28, dan 30 November 2010 pada pukul 09.00. Film tersebut juga bisa disaksikan di Universitas Paramadina pada pukul 10.00 tanggal 22, 28, dan 30 November 2010.

Di akhir film ini juga ada eksperimen berkaitan dengan nanoteknologi dan kuis. Jadi, jangan lupa ajak rekan termasuk anak-anak untuk mengenal dunia nano sejak dini.

0 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...