Yang Diinginkan Wanita Mapan



Dari stereotipe konvensional, wanita cenderung menginginkan pria yang bisa memenuhi kebutuhan keluarga. Tetapi, bagaimana jika wanita tersebut sudah stabil secara finansial?

Menurut tim peneliti dari Skotlandia, wanita mapan dalam hal mencari pasangan akan mengalami "George Clooney effect". Yaitu, kondisi saat mereka lebih tertarik pada pria lebih tua dan tampan seperti George Clooney.

Dari penelitian yang dilakukan pada 3.770 pria dan wanita diketahui wanita mapan tak terlalu memperhitungkan soal stabilitas materi dalam memilih pasangan. Tetapi, mereka masih mengganggap penting dan lebih memilih pria berwajah tampan dan lebih tua saat mencari pasangan. Walaupun tim peneliti awalnya berasumsi bahwa wanita kaya juga mencari pria kaya, tetapi kemandirian ternyata mengubah preferensi mereka.

"Kemandirian finansial yang tinggi membuat wanita lebih percaya diri dalam hal memilih pasangan. Itu juga membuat mereka jadi sangat menarik bagi pria yang lebih tua," kata kepala peneliti, Dr. Fhionna Moore, seperti dikutip dari Livescience.

Penelitian ini dilakukan pada pria dan wanita. Mereka diberikan pertanyaan seputar latar belakang situasi personal dan level kemandirian finansial. Partisipan kemudian dinilai melalui serangkaian kriteria seperti daya tarik fisik, pandangan keuangan dan rasa humor dalam urutan kepentingan. Hasilnya kemudian disesuaikan dengan pendapatan dan kemandirian keuangan.

"Perilaku pria dan wanita jadi lebih mirip ketika wanita memiliki penghasilan lebih tinggi. Tetapi hanya dalam hal pentingnya ketertarikan fisik. Pendapatan yang lebih besar membuat wanita lebih memilih pria yang lebih tua dan pria lebih memilih wanita yang lebih muda," kata Moore.

Penelitian ini dipublikasi dalam Journal Evolutionary Psychology.

Comments