10 Rekor Arsenal yang Sulit Dipecahkan


Arsenal adalah salah klub tersukses di Inggris, punya banyak penggemar di seluruh dunia dan selalu melahirkan pemain-pemain top. Klub di London Utara ini boleh bangga karena punya rekor fantastis yang rasanya sulit dipecahkan di era sepakbola modern seperti saat ini.

Klub yang sekarang dilatih Arsene Wenger ini memang sedang mengalami masa-masa sulit di musim 2008/09. Sudah beberapa musim mereka belum mendapat tropi baik di tingkat domestik maupun internasional. Piala terakhir yang mereka raih adalah Piala FA pada 2005. Sedangkan gelar Liga Primer Inggris terakhir dicicipi pada musim 2003/04. Meski begitu, jangan pernah menganggap remeh Arsenal. Walaupun masih tertahan di peringkat keempat di musim ini, tapi mereka mampu mengalahkan Manchester United dan Chelsea.

Permainan mereka belakangan ini memang kurang konsisten. Fabregas cs kerap tersandung melawan klub-klub papan bawah. Wajar saja, karena saat ini Arsenal banyak dihuni pemain muda berbakat. Ini adalah hasil polesan Wenger yang dikenal bertangan dingin dalam memantau dan membina pemain muda. Performa Arsenal banyak mendapat pujian.

Mereka mampu tampil menyerang, atraktif, penguasaan bola yang baik serta umpan-umpan yang terukur. Hanya saja mereka belum punya lagi ujung tombak setajam Thierry Henry. Emmanuel Adebayor yang musim lalu cukup subur, belum bisa mengulangi produktifitasnya sampai pertengahan musim ini.

Tapi banyak yang meyakini Arsenal mampu bangkit dan tampil trengginas. Pengalaman dan kejelian Wenger dalam meracik tim rasanya masih bisa menuai hasil positif. Pria asal Prancis ini termasuk pelatih terlama di Liga Primer setelah Sir Alex Ferguson dan merupakan salah satu pelatih tersukses Arsenal.

Berikut 10 Rekor Arsenal yang Sulit Dipecahkan:

1. Arsenal mencetak rekor 49 kali tidak terkalahkan di Liga Primer dari Mei 2003 sampai November 2004, 38 kali diantaranya terjadi pada musim 2003/04 saat mereka menjadi juara liga. Rekor sebelumnya dibuat Preston North End yang tak terkalahkan dalam 22 pertandingan liga, dan itu terjadi di musim 1888/89! Sulit rasanya menyamai atau menumbangkan rekor tersebut dalam waktu dekat.

2. Arsenal memastikan gelar juara Liga Primer musim 1988/89 setelah mengalahkan Liverpool 2-0 di Anfield. Gol kemenangan dicetak Michael Thomas di menit ke-90. Uniknya, Thomas hijrah ke Liverpool pada tahun 1991. Keberhasilan Arsenal meraih gelar secara dramatis itulah yang mengilhami novel Fever Pitch.

3. Kiprah Arsenal pada dekade 1980-an menjadi inspirasi novel laris Fever Pitch yang ditulis novelis terkenal, Nick Hornby. Buku tersebut bahkan dibuat film layar lebar, ada versi Inggris dan Amerika (Hollywood).

4. Film pertama bertema sepakbola adalah The Arsenal Stadium Mistery (1939). Fokus utamanya tentu tentang Arsenal yang dibalut dengan cerita fiksi mengenai kecurangan dalam sepakbola. Beberapa pemain Arsenal ikut bermain sebagai figuran di film itu.

5. Nama Arsenal selalu disebut-sebut sebagai bagian dari budaya sepakbola Inggris. Diantaranya, pada 22 Januari 1927, pertandingan Arsenal melawan Sheffield United adalah pertandingan pertama di kompetisi Inggris yang disiarkan live melalui radio. Lalu, pada 16 September 1937, pertandingan pertama yang disiarkan langsung di televisi adalah pertandingan eksebisi antara tim utama Arsenal melawan tim cadangan Arsenal.

6. Sepanjang sejarah Liga Primer, Arsenal hanya tujuh kali finis dibawah urutan 14, sebuah rekor terbaik. Rata-rata posisi mereka dari tahun 1900 sampai 1999 adalah 8,5, tertinggi diantara klub lain. Selama ditangani Wenger, Arsenal selalu finis di tiga besar, kecuali di musim 2005/06 dan 2006/07 mereka finis di urutan keempat.

7. Arsenal belum pernah menjuarai Liga Champions. Pretasi terbaiknya adalah masuk final pada musim 2005/06. Mereka juga menjadi klub asal London pertama yang mampu lolos ke final Liga Champions pada 2006. Tapi di final mereka dikalahkan Barcelona 2-1.

8. Arsenal sudah 13 kali menjuarai Liga Primer, terbanyak setelah Liverpool (18) dan Manchester United (17). Mereka menjuarai Piala FA sepuluh kali, terbanyak setelah Manchester United (11). Arsenal tiga kali juara dobel, Liga Primer dan Piala FA dalam satu musim, pada 1971, 1998 dan 2002, rekor yang sama banyaknya dengan Manchester United. Pada 1993, Arsenal jadi tim pertama yang menjuarai Piala FA dan Piala Liga di tahun yang sama.

9. David O'Leary merupakan pemain yang paling banyak tampil bersama Arsenal (722 pertandingan). Urutan kedua, bek tangguh dan mantan kapten tim Tony Adams (669). Kiper yang paling sering tampil, David Seaman (563). Thierry Henry menjadi pencetak gol terbanyak dengan total 226 gol di semua ajang dari tahun 1999 sampai 2007.

10. Arsenal didirikan pada 1886 dengan nama Dial Square, lalu diubah menjadi Royal Arsenal. Setelah menjadi klub profesional pada 1891, nama klub diubah lagi menjadi Woolwich Arsenal. Pada 1913, mereka bermarkas di stadion Highbury, dan setahun kemudian nama Woolwich dihapus sehingga nama Arsenal dipakai sampai sekarang.

Comments

Post a Comment