11 Situs Pengetahuan, Pembelajaran, dan Game Untuk Anak Anda


Internet bisa menjadi suatu tempat yang sangat berguna dan menyenangkan bagi anak-anak untuk belajar dan have fun. Dengan catatan orang tua harus memonitor situs yang anak-anak kunjungi. Bagi anda para orangtua, om-tante atau kaka-kakak yang peduli dengan pendidikan dan pengetahuan anak, tentunya pengenalan internet sejak dini pada anak-anak merupakan hal yang tepat untuk anda lakukan karena banyak sekali pengetahuan yang bisa anak anda dapatkan agar selangkah lebih maju dibandingkan hanya belajar dengan cara konvensional. Di banyak negara maju, internet sudah menjadi bagian kehidupan setiap orang seperti halnya penggunaan telepon. Banyak sekali hal positif yang bisa kita temukan di internet, terutama untuk anak kita. Asalkan kita tahu dimana kita bisa menemukan situs-situs yang tepat.


Di bawah ini adalah situs-situs tentang anak yang juga berisi berbagai link ke situs anak lainnya, setelah saya pelajari lebih dalam ternyata banyak sekali situs-situs menarik dan interaktif untuk anak anda yang bisa anda temukan dari arahan link-link situs yang berada pada kurang lebih 15 situs yang dibahas disini.

Semua link ini aman buat anak anda, tetapi sebagai orangtua, anda juga harus mendampingi anak anda mengajarkan menentukan tujuan yang tepat untuk belajar dan bermain bagi anak anda di internet, seperti biasa yang anda lakukan setiap hari.

1. Yucky Discovery
http://yucky.discovery.com/flash/index.html
Situs ini merupakan bagian dari jaringan saluran discovery channel. Seperti namanya,(dalam bahasa inggris yucky merupakan ungkapan kegembiraan), disini anak-anak usia sekolah dasar dapat belajar banyak berbagai hal dengan berbagai fitur menyenangkan sehingga mereka tidak merasa bosan.

2. National Center of Atmospheric Research For Kids
http://www.eo.ucar.edu/kids/index.html
Situs anak ini terkoneksi langsung dengan pusat penelitian antariksa dan juga universitas penelitian antariksa. Situs pengetahuan yang menarik ini cocok untuk anak sekolah dasar yang beranjak remaja dan SMP yang biasanya sangat antusias dengan hal-hal yang tidak mereka ketahui.

3. World Almanac For Kids
http://www.worldalmanacforkids.com/WAKI-Home.aspx
Seperti namanya, bagian dari situs World Almanac ini memiliki banyak topik belajar untuk anak-anak usia sekolah dasar, artikelnya ditulis dalam tulisan yang menyenangkan untuk kelompok anak pada usia tersebut dan juga ada game yang bisa dimainkan.

4. SmithSonian Institute Education
http://www.smithsonianeducation.org/...ce_nature.html
Situs berisi berbagai informasi menarik seputar dunia ini merupakan bagian dari institut Smithsonian yang terkenal dengan sumber-sumber pengetahuannya. Situs ini tepat untuk anak usia sekolah dasar hingga SMP dengan artikel, permainan, laboratorium ide dan sebagainya.

5. National Geographic For Kids
http://kids.nationalgeographic.com
Situs dari National geographic yang sangat terkenal di berbagai belahan dunia ini memberikan interface dan pengetahuan menarik dan tepat bagi anak usia sekolah dasar dan SMP.

6. Almanac For Kids
http://www.almanac4kids.com/index.php
Situs ini tidak sama dengan world almanac for kids di atas. Situs ini memiliki banyak pengetahuan dan bahan belajar untuk anak di semua umur, namun yang lebih menarik adalah disini anak tidak akan menyadari bahwa mereka sedang belajar karena banyak hal yang menyenangkan.

7. NASA for Kids
http://www.nasa.gov/audience/forkids/home/index.html
Situs dari NASA untuk anak ini merupakan tempat pembelajaran untuk anak umur 6 tahun ke atas dan merupakan salah satu yang terbaik di internet. Meskipun orang dewasa pun bisa mempelajari beberapa hal disini.

8. North Valley Kids
http://www.northvalley.net/kids/science.shtml
Situs ini memiliki kumpulan koleksi situs-situs tentang matematika dan pengetahuan di sekitar kita. Ada lebih dari 50 link untuk anak untuk belajar tentang subyek-subyek pengetahuan yang tidak biasa dengan menarik.

9. Bens Guide
http://bensguide.gpo.gov/subject.html
Situs yang sangat berguna untuk anak ini memiliki sejumlah besar link yang mengarah ke berbagai situs pemerintah di berbagai negara untuk anak.

10. Funology
http://www.funology.com/index.htm
Bersenang-senang sambil belajar merupakan tujuan situs ini. Ada banyak sekali aktifitas untuk anak lakukan di depan komputer dengan banyak hal yang disediakan situs ini. Situs ini cocok untuk anak TK, sekolah dasar hingga SMP.

11. Eurekalert Kids
http://www.eurekalert.org/kidsnews/p...page=kidslinks
Situs ini memiliki banyak sekali koleksi link yang terbagi menjadi grup-grup umur tertentu, link-link tersebut mengarah pada perangkat belajar menyenangkan tentang pengetahuan dan subyek menarik lainnya.

Sumber

Comments

Post a Comment