Ads

5 Januari 2011

Hiasan Natal dari Luar Angkasa

Bagikan:


Ilmuwan baru-baru ini menemukan gelembung gas di luar angkasa yang diduga terbentuk dari ledakan supernova empat abad yang lalu. Gelembung gas itu berwarna merah, mirip seperti hiasan yang digantungkan di pohon natal.

Berdasarkan laporan Daily Mail, citra gelembung tersebut ditangkap oleh Hubble Space Telescope. Diketahui, ledakan supernova yang menghasilkan gelembung itu terjadi di Large Magellanic Cloud, galaksi kecil berjarak 160.000 tahun cahaya dari Bumi.

Gelembung gas tersebut dinamai SNR B0509-67.5 atau singkatnya SNR 0509. Gelembung itu berdiameter 23 tahun cahaya dan terus mengembang sebesar 11 juta kilometer per jam. Citra gelembung gas ini sebenarnya telah ditangkap beberapa kali.

Bagian luar gelembung gas tersebut memiliki riak-riak atau bergelombang. Para peneliti memperkirakan, hal itu disebabkan oleh kerapatan gas ambien antarbintang meski mereka tak begitu yakin.

Dengan usia 400 tahun hingga kini, supernova yang membentuk gelembung gas ini diperkirakan bisa dilihat oleh penduduk belahan bumi selatan pada tahun 1600. Namun, tak diketahui adanya bintang baru yang terbentuk saat itu.

Jenis supernova yang mengakibatkan terbentuknya gelembung gas ini adalah Type 1a. Ledakan terjadi akibat bintang katai putih merampas material yang dikandung oleh mitranya, mengambilnya terlalu banyak sehingga akhirnya meledak.

0 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...