Ads

4 Januari 2011

IceCube Antartika, Observatorium Neutrino Terbesar di Dunia

Bagikan:

Observatorium Neutrino IceCube ini dirancang untuk mendeteksi cahaya biru, atau biasa disebut radiasi Cherenkov yang muncul dari reaksi neutrino individu ketika menabrak atom es. Dengan merekam pola cahaya dari tabrakan itu, diharapkan para ilmuwan dapat mengidentifikasi aliran energi tinggi sinar kosmik dan neutrino yang melewati galaksi secara akurat.

"Sekilas, IceCube mungkin terlihat seperti percobaan yang 'gila'. Bagaimana mungkin Anda mempelajari langit melalui detektor yang terkubur satu mil di bawah es?" Jawabannya tidak lain adalah karena di Antartika Permukaan es-nya sangat jelas, hampir sepenuhnya bebas dari gelembung udara dan distorsi lainnya. Sehingga peneliti dapat meminimalisir resiko distorsi terhadap hasil eksperimen.

Proses pembangunan IceCube itu sendiri diperkirakan menghabiskan dana sebesar US$ 279 juta atau sekitar Rp 2,5 triliun. IceCube juga dilengkapi Teleskop besar yang tertanam 1.400 meter di bawah permukaan bumi. Proyek besar ini dipimpin oleh University of Wisconsin - Madison USA.













IceCube: The drill tower. Tempat bwt nanemin digital optik nya


kira kira seperti inilah ilustrasi digital optikyg tertanam dibawah bangunan ice cube


Proses Penanaman IceCube digital Optical Module






Video:



Penjelasan Tentang Sinar Kosmik

Sinar Kosmik


Sinar kosmik merupakan partikel energi tinggi di angkasa luar yang diduga berasal dari sisa-sisa bintang mati. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa sinar kosmik galaksi dapat mengubah iklim bumi, mempengaruhi cuaca, memicu badai dan menutupi awan.

Neutrino


Neutrino, atau neutron kecil, adalah suatu nama yang diberikan oleh fisikawan dan pemenang hadiah Nobel terkenal dari Jerman: Wolfgang Pauli. Neutrino adalah partikel yang sangat menarik perhatian para fisikawan karena kemisteriusannya. Neutrino juga merupakan salah satu bangunan dasar daripada alam semesta yang bersama-sama dengan elektron, muon, dan tau, termasuk dalam suatu kelas partikel yang disebut lepton. Lepton bersama-sama dengan enam jenis partikel quark adalah pembentuk dasar semua benda di alam semesta ini.

0 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...