Ads

16 Januari 2011

Ikan Dengan Kepala Transparan

Bagikan:

Macropinna Microstoma adalah satu-satunya spesies ikan dalam Genus Macropinna dari ordo Opisthoproctidae dan dari keluarga Barreleye. Yang membedakan spesies ini dengan ikan lain pada umumnya adalah bagian kepalanya yang transparan yang didalamnya berisi cairan, dan juga lensa matanya dapat terlihat jelas.


Mata memiliki bentuk yang lucu dan unik barel yang dapat bergerak maju mundur serta keatas bawah sampai berputar 360 derajat, sehingga ikan ini dapat melihat kebelakang melalui bagian kepalanya yang transparan. Macropinna Microstoma memiliki mulut kecil dan sebagian besar tubuhnya ditutupi dengan skala yang besar.


Pada umumnya Ikan ini mampu diam dan hampir tak bergerak di dalam air, pada kedalaman sekitar 600 meter (2.000 kaki) sampai 800 meter (2.600 kaki), dengan menggunakan sirip yang besar untuk menjaga kestabilannya, sambil sesekali matanya berputar mengawasi sekelilingnya. Pada kondisi cahaya yang minim ikan ini mampu mendeteksi mangsanya melalui siluet. Kim Bruce Robison, yang telah sekian lama mengamati spesies ini mengatakan bahwa ketika mangsanya seperti ikan-ikan kecil dan ubur-ubur mulai terlihat, maka matanya berputar seperti teropong, dan menghadap ke depan dengan merubah tubuhnya posisi dari horisontal ke posisi vertikal untuk menangkap mangsanya.


Macropinna Microstoma pertama kalinya ditemukan pada tahun 1939, oleh Chapman, dan pada saat itu sempat pula di abadikan gambarnya, namun pada gambar yang diambil Chapman pada saat itu tidak terlihat kepala yang transparan dari spesies ini.


Video:

0 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...