Ads

7 Januari 2011

Ini Dia LCD TV 3D Pertama Tanpa Kacamata

Bagikan:

Untuk menikmati konten tiga dimensi di layar TV, selama ini penonton selalu wajib menggunakan kacamata khusus. Namun, mulai sekarang, itu tidak lagi. Toshiba telah memelopori produk TV LCD yang bisa menampilkan citra 3D tanpa tergantung kacamata lagi alias bisa langsung dinikmati dengan mata telanjang.

TV tersebut telah mulai dijual di Jepang, Rabu (22/12/2010) lalu. Saat ini baru tersedia model Regza GL1 yang berukuran 12 inci. Satu unitnya memang dijual cukup mahal, yakni 119.800 yen atau sekitar Rp 13,5 juta. Model dengan layar lebih lebar 20 inci akan menyusul akhir pekan nanti.

Tidak mudah memang menampilkan gambar tiga dimensi yang bisa langsung dilihat mata telanjang di layar LCD. Sejauh ini, produsen lain baru menerapkannya di layar kecil, seperti Sharp, yang memperkenalkannya untuk smartphone. Nintendo juga menggunakan teknologi semacam itu pada perangkat video game Nintendo 3DS.

Toshiba memanfaatkan teknologi yang memungkinkan citra digital disajikan dengan sudut pandang yang berbeda-beda untuk diterima mata kanan dan kiri. Selama ini, hal tersebut diatur lewat filter merah dan biru pada kacamata tiga dimensi. Kalaupun ingin melihat video yang bukan tiga dimensi, tersedia pilihan mengubah mode ke tampilan normal.

0 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...