Inilah 5 Kiper Paling Produktif di Dunia

Di era sepakbola terbuka, kiper mencetak gol sebetulnya bukanlah hal aneh bahkan dari permainan terbuka, bukan hanya dari situasi bola mati. Ini bukan lelucon tentang kiper. Jadi tidak perlu heran jika ada seorang kiper yang punya koleksi 90 gol sepanjang karir profesionalnya. Siapa saja lima kiper yang paling sering mencetak gol?

Berikut Top 5 Kiper paling Produktif Di Dunia:

Jorge Campos - 38 gol

Tidak seperti kebanyakan kiper lainnya yang hanya mengandalkan freekick dan penalti, Campos justru sering mencetak gol dari permainan terbuka. Kita akan maklum jika mencermati perjalanan karirnya yang diawali sebagai seorang striker. Saat menjadi kiper, Campos sering ikut maju ke depan ketika timnya butuh gol kemenangan.



Rene Higuita - 38 gol

Orang selalu mengingat Rene Higuita karena tendangan kalajengking akrobatiknya, tapi dia juga termasuk kiper 'gila' yang sering maju membantu penyerangan. Mantan kiper timnas Kolombia ini mencetak gol dari tendangan bebas dan penalti. Delapan dari total 38 gol-nya dicetak ketika berseragam tim nasional.Memang agak mudah mengenalinya dari gaya rambutnya yang "aneh dan antik"



Dimitar Ivankov - 42 gol

Mayoritas kiper yang punya hobi mencetak gol berasal dari Amerika Selatan. Dimitar Ivankov, kiper timnas Bulgaria, adalah pengecualian. Dia adalah pemegang rekor kiper paling produktif di Eropa.



Jose Luis Chilavert - 62 gol

Chilavert adalah ikon kiper pencetak gol. Semua gol diceploskannya dari freekick dan penalti. Rekor sensasional kiper Paraguay ini adalah menjadi satu-satunya kiper yang pernah mencetak hattrick! Dia juga menjadi topskor untuk kategori kiper yang mencetak gol dari titik penalti (45 gol).



Rogerio Ceni - 90 gol

Rogerio Ceni lebih diakui reputasinya sebagai pengambil tendangan bebas yang handal, daripada sebagai seorang kiper. mantan kiper timnas Brazil ini sekarang bermain untuk Sao Paolo, dan menjadi kiper paling produktif di dunia. Catatan sensasionalnya terjadi pada tahun 2005, mencetak 21 gol hanya dalam 1 musim!



Video:


Comments