[KEREN] Asean Mau Bangun Jalan Tol dari Cina ke Indonesia


REPUBLIKA.CO.ID, LOMBOK—ASEAN sepakat untuk membangun jalan raya lintas ASEAN (ASEAN Highway) atau trans ASEAN sebagai salah satu upaya implementasi dari rencana pembentukan ASEAN Community.

Jalan raya itu akan membentang dari kawasan perbatasan Cina hingga Indonesia dan Filipina. Diharapkan dengan terealisasinya proyek prestisius bernilai miliaran dolar AS itu akan mempercepat arus transportasi orang dan barang antar sesama negara ASEAN. Sehingga dapat mempercepat laju pertumbuhan ekonomi ASEAN.

Pembangunan jalan itu dapat menggunakan jalur yang sudah ada dengan peningatan kualitas jalan atau membangun jalur baru. ‘’Khusus di Indonesia yang kepulauan kita akan memanfaatkan jasa kapal Rol on roll Off ,’’ kata Ngurah Swajaya, Wakil tetap Indonesia di ASEAN di sela kegiatan ASEAN Ministerial Meeting (AMM) Retreat, Ahad (16/1).

Masalah pendanaan program itu dapat dilakukan dengan Investasi, publick private partnership atau Overseas Development Assistance.(ODA). Sejauhn ini program itu sudah diminati calon investor asal Cina dan Jepang.

Comments