Ads

2 Januari 2011

Mengenal Coklat Belgia Yuk!

Bagikan:


Setiap mendengar banyak orang mengeluhkan kehabisan stok es krim dari salah satu produsen es krim besar Indonesia, jadi teringat betapa cokelat Belgia memang enak tiada tara. Es krim yang dilapisi dengan lapisan cokelat Belgia tersebut memang mengundang banyak rasa penasaran. Setelah dicoba memang tidak mengecewakan.

Cokelat Belgia sering disebut sebagai cokelat terbaik di dunia. Konon kekayaan rasa dan dan tekstur belum tertandingi oleh cokelat dari negara lain. Harganya yang luar biasa mahal tidak membuat orang lantas berhenti untuk membeli dan menikmatinya. Harga untuk 5 kotak cokelta merj Cote d’Or ukuran 100 gram/ kotak adalah 10 euro atau sekitar Rp.150.000,-.

Ada empat kualitas yang mebuat cokelat Belgia sering dijadikan standar kualitas cokelat. 1. Kualitas bahan, Chef Laurent Bernard, seorang chocolatier “Cokelat yang baik adalah cokelat yang tampak mengkilap”. Kualitas cokelat biasa ditentukan oleh pilihan biji kakao dan kualitas komponennya yang menjadikan karakteristik khas cokelat Belgia. 2. Proses pembuatan cokelat Belgia dengan teknik yang kuno dan terpercaya dan menggunakan peralatan yang masih orisinil. 3. Penyimpanan couverteur sebelum digunakan. Couvertur adalah cangkang cokelat bagian luar, yang sekarang kita kenal dengan nama praline. Cokelat praline ada yang dibuat polos dan yang populer diisi dengan kacang hazelnut, buah, karamel, gula-gula, dan tentunya liqueur. 4. Penyimpanan.

Praline buatan Belgia menjadi lebih istimewa berkat sistem penyimpanannya. Perusahaan cokelat Belgia menerima cokelat dalam kondisi meleleh, dengan cara menyimpan cokelat di dalam truk yang dilengkapi pemanas saat pendistribusiannya. Cara ini dipilih untuk mempertahankan intensitas aroma dan cita rasanya daripada cokelat lain yang sudah didinginkan lalu dipanaskan lagi.

Dengan tetap terjaganya kualitas-kualitas di atas hingga tercipta cokelat Belgia yang lezatnya terakui dan menjadi primadona di deretan top Cokelat dunia.

0 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...