Tangga Yang Akan Bunyi Jika Di Pijak



Pemerintah Inggris memiliki cara unik bikin sehat warganya, dimana supaya mereka tak terlalu mengandalkan eskalator, rencananya setiap anak tangga di tempat umum akan dilengkapi bunyi musik jika dipijak.

Ketika dipijak, tiap anak tangga akan mengeluarkan nada yang berbeda sehingga memberikan sensasi seperti bermain musik bagi orang-orang yang melewatinya, mungkin agak berisik saat banyak yang melintas, namun tentu lebih menyenangkan dibanding mendengar suara orang mengeluh kecapekan.

Terobosan ini pertama kali diterapkan di sebuah stasiun kereta di Stockholm, Swedia beberapa waktu yang lalu, dan perusahaan mobil Volkswagen merupakan penyumbang teknologi seperti "tombol piano" yang dilengkapi sensor gerak di setiap anak tangga yang ada di tempat tersebut.

Terobosan ini cukup efektif meningkatkan minat masyarakat untuk beralih dari tangga berjalan atau eskalator maupun lift, lalu menggunakan tangga manual yang lebih sehat. Sejak menggunakan teknologi tersebut, tingkat penggunaan tangga manual di stasiun meningkat sekitar 66 persen.

Sukses di Stockholm ini membuat pemerintah Inggris berniat menerapkan teknologi serupa. Pemerintah melalui Behavioural Insights Team tengah merancang sebuah konsep penyehatan masyarakat yang berisi terobosan-terobosan baru termasuk tangga penerapan full musik seperti di Stockholm.

"Membuat anak tangga menjadi lebih menarik perhatian dapat meningkatkan motivasi warga untuk lebih banyak bergerak," ungkap juru bicara tim dalam sebuah laporan.

Terobosan lain yang akan dilakukan pemerintah Inggris adalah memberikan garis penanda berwarna kuning yang mencolok pada counter buah dan sayuran di pusat-pusat perbelanjaan. Harapannya warga lebih tertarik membeli buah dan sayuran yang kaya serat untuk mengimbangi konsumsi daging dan makanan-makanan tinggi kalori.

Menariknya lagi, murid sekolah akan dipasangi sensor untuk mengukur berapa jarak yang ditempuh dengan berjalan kaki dari rumah ke sekolah dan murid yang berjalan kaki lebih jauh dibanding naik bus sekolah akan mendapat reward atau hadiah tertentu.

Comments