Ads

8 Januari 2011

Trend Makanan 2011

Bagikan:

Trend Makanan 2011

Memasuki tahun 2011, tidak hanya trend fashion saja yang berubah. Tapi juga trend makanan pun memiliki beberapa perubahan. Makanan yang mudah dibuat, bahan-bahan yang segar, serta kalori yang rendah akan jadi pilihan utama. Apa lagi sih trend makanan di 2011 kali ini?

Awal tahun biasanya menjadi momentum untuk melakukan sebuah perubahan. Tidak hanya trend fashion yang menjadi sorotan, kini trend makanan pun mendapatkan perhatian. Berdasarkan berita yang dilansir dari The Food Channel, ada 10 trend tentang makanan yang akan marak di 2011. Diantaranya:

1. Kembalinya Makanan Kaleng
Kalau dulu banyak orang mengawetkan makanan dengan cara mengasinkan, dibuat manisan, ataupun membeli makanan kemasan/kalengan. Kini makanan kalengan atau awetan akan menjadi trend di tahun ini. Bukan seperti makanan kalengan, tapi lebih kepada makanan yang sudah mengalami olahan. Misalnya saja, tomat yang dibeli dalam jumlah banyak bisa dibuat pasta tomat yang bisa disimpan lama. Tentunya dengan memakai pengawet alami yang rendah sodium.

2. Dapur Juga Milik Kaum Pria
Kalau dulu dapur hanya area kaum hawa, di tahun ini semua itu tidak berlaku. Akan semakin banyak pria yang tidak malu turun ke dapur untuk membantu istri mereka menyiapkan hidangan di rumah. Atau bahkan menjadikan juru masak sebuah profesi yang bisa menjanjikan.

3. Mendukung Petani Lokal
Beberapa bulan terakhir muncul gerakan yang membela petani lokal. Tidak hanya petani sayur dan padi, tapi juga petani palawija. Hal ini akan terus berlanjut di tahun ini. Dukungan dengan cara mengkonsumsi produk lokal ini akan membawa dampak yang baik bagi petani lokal dan juga perekonomian daerah tersebut.

4. Menghitung Nilai Gizi
Kalau dulu nilai gizi dari setiap makanan tidak terlalu dipedulikan, tahun ini akan berubah. Takaran gizi atau nutrisi akan menjadi sesuatu yang penting. Di setiap resto akan ada menu dengan kolom khusus tentang nilai gizi dari setiap makanan. Sehingga tamu bisa menghitung jumlah kalori yang akan dikonsumsi.

5. Aplikasi Makanan di Ponsel
Berhati-hati dengan aplikasi seputar makanan yang ada di ponsel. Akan banyak tawaran menggiurkan seputar makanan dan juga diskon-diskon tiap hari. Setiap orang akan makin mudah memesan makanan. Tetapi wajib berhati-hati karena pelayanan yang diberikan bisa membuat terlena saking mudahnya.

6. Semakin Dekat dengan Pelanggan
Di tahun 2011, hampir semua usaha di bidang makanan akan melakukan pendekatan pelanggan melaluisocial media. Tiap orang yang ingin tahu soal satu jenis makanan tertentu bisa langsung 'berbicara' satu sama lain. Semua kebutuhan pelanggan akan dengan mudah diketahui dan segera dipenuhi oleh produsen.

7. Makanan Segar Tiap Hari
Sejak pertengahan 2010, sudah banyak resto dan bakery yang menerapkan sistem open kitchen. Di tahun ini akan makin banyak resto serupa. Mereka mencoba menyajikan makanan yang segar saat dipesan.

8. Makanan Sehat di Sekolah
Hidup sehat tidak hanya diterapkan di resto-resto besar saja, tapi sampai kantin sekolah. Di akhir musim panas lalu di Amerika, lebih dari 400 orang chef berkumpul di Gedung Putih atas permintaan Michelle Obama. Para chef ini dapat tugas khusus untuk menyajikan makanan yang sehat di sekolah-sekolah dengan tujuan mengurangi obesitas sejak dini. Tahun 2011, makin banyak sekolah yang memasukkan kurikulum food-sentris untuk peningkatan gizi.

9.Berani Mencoba Makanan Baru
Kalau dulu mencoba makanan baru seperti makanan sehat agak sulit dilakukan orang. Di tahun ini orang akan semakin berani mencoba makanan sehat, makanan baru yang benar-benar berbeda. Hal ini menunjang program diet sehat yang akan banyak dilakukan orang.

10. Tetap Awet Muda dengan Makanan
Makanan berlemak,berkalori, dengan pemanis merupakan 'tembakau baru' yang membuat orang kecanduan. Mulai hari ini, biasakan mencari makanan yang bikin awet muda, tetap langsing, dan aktif. Serta menjauhkan dari obesitas. Makanan sehat juga berpengaruh pada kehidupan seksual!.

0 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...