Ads

9 Februari 2011

Pertolongan Pertama Saat Pergelangan Kaki Terkilir

Bagikan:



Pergelangan kaki terkilir adalah salah satu kecelakaan tersering yang dialami oleh para pelari. Rasanya sangat tak nyaman karena menyakitkan untuk menggunakan kaki tersebut untuk berjalan ataupun berlari. Bagaimana cara mengatasinya?

Kaki terkilir biasanya terjadi ketika otot ligamen tertarik di luar batas normalnya. Bisa terjadi ketika saat Anda berlari, telapak kaki selip masuk ke lubang atau kaki Anda tidak menapak sempurna setelah melompat.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan metode RICE; Rest, Ice, Compress, Elevate. Rest adalah beristirahat dari kegiatan Anda. Ice adalah pemberian es selama 20 menit 3 kali sehari. Compress disini dimaksudkan dengan mengikat bagian terkilir tersebut dengan bandage/bebat elastis. Elevate adalah mengangkat kaki sambil berbaring, upayakan kaki diangkat hingga lebih tinggi dari jantung, jika memungkinkan, selama 48 jam.

Segera temui dokter jika Anda sama sekali tak mampu memberikan beban apa pun pada kaki yang terkilir tersebut, atau jika kaki Anda membengkak dan masih terasa sakit setelah 3 hari.

0 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...