Ads

20 Februari 2011

Robot Khusus "Nge-tweet" dari Antariksa

Bagikan:



Agensi Eksplorasi Antariksa Jepang (JAXA) berencana mengirim robot humanoid ke angkasa. Robot tersebut secara khusus diharapkan bisa berkomunikasi dengan manusia di Bumi lewat jaringan microblogging Twitter.

JAXA berencana melakukan studi sebelum meluncurkan robot itu paling cepat pada 2013. JAXA akan mengirimkan robot tersebut ke International Space Station.

Robot itu diharapkan bisa nge-tweet kata-kata sederhana, seperti "selamat pagi" dan "selamat malam". Tak ketinggalan, robot itu juga akan memberitahukan lokasinya di antariksa.

Insinyur JAXA, Satoshi Sano, mengatakan, robot ini bisa membantu berkomunikasi saat para astronot sedang tidur. Robot juga bisa mengukur tingkat stres para astronot dengan mendeteksi nada bicara dan ekspresi wajah mereka.

"Sejalan dengan masyarakat yang semakin antusias, saya berharap proyek robot ini bisa memfasilitasi komunikasi dengan orang lebih tua di tempat terpencil di angkasa serta anggota keluarga," kata Sano.

Selain JAXA, agensi iklan Dentsu di Jepang dan Universitas Tokyo juga akan mendukung proyek ini. Sementara itu NASA juga akan mengirimkan robot humanoid yang akan dibawa bersama pesawat ulang alik Discovery minggu depan.

Sumber

0 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...