Ads

21 April 2011

Mobil Yang Melaju 8.000 Mil Tanpa Pengemudi

Bagikan:

Sekilas, mobil berwarna orange dengan berbagai perangkat di dalamnya ini memang seperti mobil biasa, namuan siapa sangka jika mobil ini mempu melaju dari Italia sampai China dengan menempuh perjalanan hingga delapan ribu mil tanpa pengemudi. Lho, kok bisa? tentu saja bisa, karena mobil ini memang bukan mobil biasa. Mobil ini adalah hasil produksi Tim peneliti asal Italia yang memang dilengklapi dengan berbagai perangkat yang memungkinkan untuk dapat membuat mobil ini bisa melaju dari Italia sampai China tanpa pengemudi.

http://media.npr.org/assets/news/2010/07/20/driver1_wide.jpg?t=1279626743&s=4

Mobil canggih ini dilengkapi dengan radar, serta pemindai laser dan kamera yang bekerja secara sinergi untuk mendeteksi dan membantu menghindari rintangan selama dalam perjalanan. Terlebih lagi memang rute yang dilalui bukan rute yang mudah, mobil ini harus melalui jalan dengan suhu extreme di Siberia serta menghadapi jalanan panas yang berada di Gurun Gobi. Jadi jangan heran jika perngkat yang digunakan dalam mobil ini adalah benar-benar alat dengan kualitas nomer wahid.

Alberto Broggi sebagai pemimpin proyek mengatakan bahwa mobil ini memang disiapkan sebagai sarana alternatif kendaraan modern di masa depan yang bisa melaju sendiri tanpa harus dikemudikan.

http://media.npr.org/assets/news/2010/07/20/driver2_custom.jpg?t=1279626743&s=2

Untuk sementara, Kontrol unit kendaraan ini masih dikendalikan dengan sistem remote yang menggunakan tenaga baterai listrik, namun selanjutnya akan dikembangkan perangkat chip tanpa remote yang bisa mengatur sendiri kontrol kendaraan berdasarkan sensor kamera pemindai yang berada di perangkat mobil ini. Untuk masalah kecepatan, saat ini mobil ini hanya bisa melaju dengan kecepatan sekitar 30 sampai 37 mil per jam.

Proyek Vislab ini didanai dengan bantuan dana $ 2.300.000 dari European Commission's European Research Council.Diharapkan mobil seperti ini akan bisa disempurnakan dan bisa digunakan secara massal di masa 20 tahun mendatang.

0 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...