Ads

11 Mei 2011

4 Pengobatan Alternatif Tepercaya

Bagikan:

4 Pengobatan Alternatif Tepercaya

PENASARAN dan bingung dalam memilih pengobatan alternatif? Jangan khawatir, kini para ilmuwan telah mengelompokkan beberapa jenis metode yang terbukti ampuh dalam pengobatan alternatif dan komplementer. Berikut empat di antaranya seperti dikutip dari Shine.com:

1. Pijat untuk obati depresi
Jangan remehkan perasaan tertekan, cemas, dan emosional karena semua itu dapat berujung pada depresi. Untuk mencegahnya, cobalah jalani pemijatan secara rutin. Sejumlah studi menyimpulkan bahwa terapi pijat membantu memperbaiki suasana hati Anda. Diduga, pijat memicu pelepasan endorfin yang meningkatkan suasana hati. Reaksi itu mungkin juga dipicu oleh sentuhan tangan. Beberapa studi juga menyebutkan bahwa terapi pijat memiliki efektivitas setara dengan antidepresan, seperti Prozac dan Paxil, dalam mengurangi kecemasan, penyebab utama depresi.

2. Cokelat untuk obati hipertensi
Mengunyah cokelat (lebih baik dark chocolate) setiap hari, minimal 2 minggu, dapat menurunkan tekanan darah penderita hipertensi berat. Para peneliti mengatakan zat flavonols yang dikandung tanaman kakao bernama epicatechins mampu meningkatkan fungsi pembuluh darah dengan membuat dinding pembuluh darah rileks. Meski sederhana, sebagian besar penelitian menunjukkan cokelat merupakan bahan tambahan yang penting dalam obat-obatan tekanan darah, Jika hendak mencobanya, cobalah dapatkan kandungan cokelat setara dengan 450 mg flavonol. Jumlah itu bisa ditemukan pada secangkir cokelat panas, dua kali sehari.

3. Akupunktur untuk obati nyeri
beberapa penelitian terbaru menyimpulkan akupunktur merupakan terapi kuno yang ampuh sebagai pereda nyeri di semua bagian tubuh, mulai dari kepala hingga kaki, dalam berbagai kondisi. Setelah sedikitnya menjalani enam sesi, mereka yang menjalani akupunktur sebagian besar mengaku sakit kepala yang biasa dialami berkurang bahkan hilang. Studi lain juga menemukan bahwa penderita sakit punggung kronis yang menerima pengobatan akupunktur merasa lebih baik daripada mereka yang menerima perawatan konvensional.

4. Tai chi untuk obati insomnia
Apakah Anda mengalami kesulitan untuk terlelap dan terbiasa bergadang? Cobalah tai chi. Seni bela diri dari China dan dipraktikkan semenjak 2.500 tahun ini lambat laut dijadikan metode meditative dan digunakan secara luas di seluruh Asia. Para peneliti menyebutkan tai chi memperbaiki kualitas tidur orang dewasa penderita insomnia kronis. Manfaat itu terkait dengan kemampuan tai chi untuk mengurangi stress dan hasilnya biasanya akan terasa setelah latihan selama 16 minggu. (Pri)Research Institute di Tampa, Florida, telah memeriksa tingkat HPV pada pria dari Amerika Serikat, Brasil dan Meksiko. Dari 1.100 pria yang diuji, 50 persennya ternyata terkena infeksi.

Jadi, apa yang mesti dicemaskan? Karena HPV menular melalui hubungan seksual, berarti laki-laki yang terinfeksi virus dan belum divaksinasi mungkin memberikannya kepada perempuan kala berhubungan seks. Belum lagi, pria juga dapat menyebarkannya pada pria lain selama hubungan intim dan dapat menyebabkan kanker dubur, penis, kepala, dan leher. Ini tentunya menunjukkan bahwa vaksinasi laki-laki sama pentingnya dengan vaksinasi pada perempuan.

0 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...