Ads

4 Mei 2011

Ingat, Matikan HP saat Hujan Petir

Bagikan:

Ingat, Matikan HP saat Hujan Petir

Selain angin puting beliung, kemungkinan terburuk yang dapat diakibatkan dari cuaca buruk Kota Bandung dan sekitarnya adalah hujan deras disertai petir.


Petir menjadi salah satu fenomena alam yang patut diwaspadai saat cuaca buruk terutama bagi mereka yang beraktivitas atau tinggal di daerah ketinggian.

Peneliti Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tingkat I Bandung, Deni Septiadi juga menyebutkan, sebaiknya barang yang memancarkan gelombang elektromagnetik seperti handphone (HP) sebaiknya dipadamkan saat terjadi hujan petir.

"Karena semua barang yang memancarkan gelombang elektromagnetik bisa menarik petir," terang Deni saat ditemui INILAH.COM di Kantor BMKG Tingkat I Bandung Jalan Cemara Nomor 66, Senin (2/4/2011).

Deni bahkan menganjurkan bagi mereka yang berada dalam perjalanan di tengah kota sekalipun, untuk meminggirkan kendaraannya sejenak saat terjadi hujan yang disertai dengan petir dan memadamkan HP.

"Lakukan saat hujan yang disertai dengan petir baru turun. Tunggu selama kira-kira 5 menit atau sampai hujan stabil baru HP boleh dinyalakan," tutur Deni.

Menurutnya, hal ini juga berlaku untuk barang-barang elektronik lain yang memancarkan gelombang elektromagnetik lainnya, termasuk perangkat yang menggunakan jaringan internet. "Jangan percaya ungkapan petir tidak akan menyambar di tempat yang sama," imbuhnya.

Deni menuturkan, Indonesia merupakan 'penghasil' petir terbesar di dunia yang sengatannya bisa mencapai ribuan volt. Sayang, besarnya daya yang ditumbulkan oleh petir di kawasan Indonesia tidak dapat diukur. "Timbulnya petir seperti proses korslet, oleh karena itu sulit untuk dideteksi," tandasnya.

0 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...