Jalan-Jalan Ke Museum Bank Indonesia Yuk!

Minggu kemarin Ane diajak ikutan acara Painting Day sama si Bos di Museum BI. Nah ane mikir kan namanya museum boring banget. Ternyata eh ternyata nih museum ajib banget Gan! Ga kalah sama museum-museum luar. Bener-bener canggih mulai dari layar sentuh, nonton di teater mini, sampe sensor gerak. Canggih Gan. Padahal renovasinya masih setengah selesai, apalagi kalau udah selesai ya?

Cekidot foto-foto di dalam Museum BI gan!

1. Game Sensor Gerak

Sensor gerak ini menyambut begitu kita mulai turnya. Cara kerjanya lucu banget. Di layar ada koin berjatuhan dan kita tinggal ngulurin tangan untuk nangkep (tapi jangan dipegang layarnya karena sensornya bisa rusak). Nanti koinnya akan mantul begitu kena bayangan tangan kita di layar. Kalau bisa nahan beberapa lama otomatis koinnya meleduk dan ada keterangan koin dari tahun berapa. Ajib yak?

2. Patung-patung artistik

Beda dengan museum lain, patung-patung di Museum BI digarap serius sampe detail lipatan kulitnya aja keliatan. Terus ditambah lagi dengan pencahayaan dramatis. Tinggal dishoot kamera biasa udah langsung keliatan kaya fotografer profesional, Gan!

3. Teater Mini


Walaupun ruangan mini, tapi kualitas gambar dan animasinya maksi! Waktu ane masuk, sedang ditayangin dokumenter saat terjadi krisis harta negara yang masih terjebak di Timor Timur, gimana kelimpungannya pejabat BI kala itu.

4. Informasi Layar Sentuh

Di beberapa sudut, ada informasi dengan layar sentuh mengenai sejarah uang dan sistem keuangan Indonesia. Sekali sentuh, informasinya dengan lengkap ditampilkan. Ajib Gan!

5. Emas Jaminan Moneter

Yang ini beneran Ajib Gan. Dulu gara-gara kebanyakan nonton pelem Hollywood Ane pikir cuma Amerika aja yang bisa punya simpanan batangan emas. Ternyata kita juga bisa liat langsung ratusan batang emas digeletakin di lantai, dan itu PUNYA INDONESIA. Sejarahnya ini dulu emas yang dipakai untuk jaminan duit rupiah yang kita keluarin. Dan di keterangannya ditulis emas-emas jaminan ini sudah melanglang buana ke seluruh dunia, bahkan Afrika Selatan. Ajib ya negara kita?

6. Logo BI dari masa ke masa


Berbagai Logo BI dalam bentuk ukiran tembaga dipamerkan dengan pencahayaan yang ajib. Kalau ngeliatnya pasti berasa banget kerennya semua logo-logo BI. Ga lapuk dimakan jaman Gan!

7. Koleksi item-item unik

Lantai museum BI bukan sekedar lantai, tapi kaca bening yang di dalamnya ada berbagai seragam mulai dari pasukan Sinyo Belande, Nihong, sampai pejuang berbambu runcing, Gan.. manteb karena cahayanya juga dramatis banget. Pake kamera biasa juga semua detail kelihatan jelas.

Jangan lewatin juga koleksi uang dan surat berharga BI lain yang dikasih kaca pembesar supaya kita bisa teliti setiap detailnya. Ajib!

Untuk agan yang penasaran sama Museum BI, berikut jadwal masuk museum:

Selasa-Minggu

Pagi-Sore

Senin TUTUP

HTM: GRATIS

Comments