Ads

4 Mei 2011

McCar, Konsep Mobil Unik nan 'Ajaib' Dari Negeri Tirai Bambu

Bagikan:

http://www.suaramedia.com/images/stories/2011/2Berita/4_tekno/geely.jpg

Disamping jadi negara terpadat dengan populasi jumlah penduduk terbesar pertama di dunia, Cina juga dikenal juga sebagai negara dengan kemacetan lalu lintas terburuk di dunia. Sehingga sekarang sedang digalakan model transportasi yang kecil, terjangkau dan bersih.

Geely yang mencoba untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Produsen otomotif yang asli dari negeri tirai bambu tersebut menawarkan konsep uniknya di Shanghai Motor Show minggu lalu.

Sejatinya ini merupakan mobil ultra kompak empat penumpang dengan dua pintu dengan sebuah paket built-in skuter tiga roda lipat bertenaga listrik yang disimpan di bagian belakangnya.

Saat sekuter berada pada dock-nya, baterai dan motor listrik pada mobil saling berbagi untuk meningkatkan jarak tempuh saat mobil berjalan pada mode all-electric sekaligus menjamin baterai skuter selalu dalam kondisi penuh.

Para perancangnya membayangkan dengan konsep ini ketika mobil sedang diparkir jauh dari tempat tujuan. Penggunanya dapat melanjutkan perjalanan mereka dengan skuter yang tersimpan di belakang. Untuk skuter listriknya sendiri memliki jangkauan 29 km per charge

Kendaraan ini diciptakan memiliki dua pilihan, yang satu bermesin hybrid bensin-listrik, lainnya dibekali penggerak listrik. Geely saat ini memang dianggap sebagai salah satu pemain otomotif global berkat kedinamisan pimpinan mereka Li Shufu yang disebut sebagai Henry Ford-nya China.

Geely belum lama ini memang telah mengakuisisi Volvo, namun sebagian besar kendaraan baru yang dipamerkan di stand Geely benar-benar terpisah, yang menegaskan bahwa masa depan pertumbuhan perusahaan ini pasti melibatkan kreatifitas China dan pengetahuan terhadap pasar mereka sendiri.

Dengan adanya berbagai masalah seperti krisis energi, kemacetan di perkotaan dan polusi udara di China membuat kendaraan yang diberi nama Geely McCar bisa dipastikan akan diproduski secara massal dan diyakini akan menjadi kendaraan terlaris di pasar lokal.

Nama McCar sendiri merupakan kependekan dari 'Magic Car'. Kendaran ini adalah mobil yang menawarkan kendaraan kedua dalam satu paket terintegrasi. Konsep kendaraan dalam kendaraan sebelumnya pernah disosorkan oleh General Motors (GM) lewat Flextreme Concept 2007 yang mengintegrasikan Segway mereka di bagian belakang.

Selain GM, konsep serupa juga pernah ditawarkan oleh Honda lewat kendaraan baterai EV-N 2009 denganpersonal mobility beroda satu U3-X yang dibenamkan ke dalam pintu mobil. Suzuki juga tak mau ketinggalan dengan Pixy + SSC Concept 2007.

Geely McCar elektrik sepertinya sangat sempurna untuk lingkungan. Ia dibekali baterai berkapasitas 12 kWh yang mampu memberikan daya jelajah sejauh 150 km dengan kecepatan maksimal hingga lebih dari 83 km/jam.

Sementara untuk McCar model hybrid, hanya dibekali baterai berkapasitas 8 kWh untuk berjalan hanya pada mode listrik sejauh 50 km. Namun mesin bensinnya dapat digunakan hingga menggapai jarak 600 km.

Dengan adanya skuter listrik di dalamnya, berarti paket kendaraan ini memiliki tambahan jarak sekitar 29 km lagi saat McCar telah terparkir...Luar biasa...Ternyata perkembangan teknologi sudah sejau itu di negeri Tirai Bambu itu.

0 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...