Ads

4 Mei 2011

Tips Agar Sepatu Tetap Kinclong

Bagikan:

http://th739.photobucket.com/albums/xx39/evan41/kaskus/th_mens-shoes_965832.jpg

Sepatu banyak dikoleksi sebagian perempuan di dunia. Namun bagaimana jika deretan koleksinya didominasi sepatu berbahan suede.


Sepatu berbahan suede memang indah dikenakan. Tapi bahan sepatu yang lembut dan halus itu juga gampang kotor dan berdebu. Lantas, bagaimana cara membersihkannya?

Dilansir dari situs mystile.com, pakar sepatu sekaligus pemilik Shoe Rescue, Sandra Dale, memiliki sejumlah tips jitu untuk membersihkan sepatu kesayangan Anda.

Debu dan kotoran

Langkah pertama, segera tangani sepatu begitu terkena noda. Jangan mendiamkannya dan menyurukkannya ke bagian belakang lemari.

Jika sepatu suede Anda kotor, buat larutan dari satu cangkir cuka putih dan satu gelas air. Lalu, gosok secara perlahan sampai noda itu hilang.

Tumpahan minyak

Jika sepatu secara tidak sengaja terkena tumpahan minyak, seperti saus salad atau oli misalnya, Anda membutuhkan sejumlah bahan dapur untuk membersihkannya.

Untuk sepatu kulit, taburi tepung maizena di atas noda minyak tersebut, lalu gosok noda secara cepat. Ulangi beberapa kali sampai noda lenyap.

Untuk sepatu suede, gunakan sikat suede untuk membersihkan noda. Jika sepatu terbuat dari kanvas, masukkan saja ke mesin cuci untuk membersihkannya.

Lumpur

Meski terdengar paradoks, Dale menyarankan untuk menjemur sepatu di bawah sinar mentari hingga noda lumpur benar-benar kering. Setelah itu, cungkil sebanyak mungkin potongan lumpur yang mengeras itu dengan pisau tumpul.

Gunakan tisu bayi untuk membersihkan sisa lumpur dari sepatu kulit Anda. Sedangkan untuk sepatu suede, gunakan sikat suede andalan Anda guna membersihkannya.

0 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...