Ads

11 Juni 2011

5 Pionir Ilmu Komputer Dunia

Bagikan:

Komputer merupakan alat yang digunakan hampir semua orang di dunia. Dari mulai anak kecil hingga orang tua, tampaknya sulit lepas dari perangkat digital ini. Namun, penemuan komputer tidak semudah penggunaannya saat ini. Membutuhkan waktu hingga puluhan, bahkan ratusan tahun hingga tercipta sebuah komputer canggih yang kita kenal saat ini. Seperti apakah usaha pionir komputer ini? Berikut paparannya.

1. Ramon Llull – 1300
Ramon Llull merupakan penulis dan filsuf Kerajaan Majorca yang dilahirkan pada 29 Juni 1315. Dia menulis literatur awal Kerajaan Majorcan. Manuskrip yang masih bertahan memperlihatkan bahwa Ramon diantisipasi oleh beberapa pekerjaan menonjol berabad-abad dalam teori pemilihan. Dia dianggap pionir theori komputasi, khususnya dalam merancang beragam representasi simbol mesin. Dia juga meletakan gagasan pionir representasi dan manipulasi simbol untuk memproduksi pengetahuan dua arah. Hal ini pengaruh kepada Gottfried Leibniz yang juga dianggap sebagai pionir ilmu komputer. Ramon juga diketahui sebagai ilmuwan Hukum Roman.
Ramon Llull (Sumber: Wikimedia)

2. Gottfried Leibniz – 1670
Memiliki nama lengkap Gottfried Wilhelm Leibniz, filsuf dan matematikawan Jerman ini lahir pada 1 Juli 1646. Dia menulis dalam berbagai bahasa, utamanya dalam bahasa Latin, Perancis, dan Jerman. Dia memiliki tempat yang cukup menonjol di sejarah matematika dan filsafat. Dia merupakan penemu yang paling produktif untuk bidang kalkulator mekanis. Selama bekerja dengan kalkulator Pascal, Leibniz merupakan orang yang pertama menggambarkan tombol kalkulator pada 1685 dan menemukan roda Leibniz. Dia juga menyuling sistem angka binary yang merupakan dasar bagi virtualisasi semua komputer digital.



Gottfried Wilhelm von Leibniz (Sumber: Wikimedia)

3. Charles Babbage – 1822 hingga 1837
Charles Babbage merupakan matematikawan, filsuf, penemu, dan insinyur mekanis Inggris yang pertama kali memulai konsep komputer programming. Pria kelahiran 26 Desember 1791 ini dianggap sebagai Bapak Komputer. Dia merupakan penemu komputer mekanis pertama yang akhirnya mendorong rancangan yang lebih kompleks. Pada 1991, fungsi Difference Enginge yang sempurna telah dikonstruksikan dari rencana asli Babbage. Hal ini mengindikasikan bahwa mesin Babbage telah terbukti bekerja.



Charles Babbage (Sumber: Wikimedia)

4. Ada Lovelace – 1843
Dilahirkan dengan nama Augusta Ada Byron pada 10 Desember 1815, dieketahui sebagai penulis Inggris utama yang bekerja pada Charles Babbage’s. Babbage’s ketika itu tengah mengembangkan mekanikal komputer untuk tujuan umum awalnya, sebuah mesin analitik. Catatan Byron pada mesin tersebut yang saat ini dikenal sebagai algoritma pertama untuk diproses oleh mesin Babbage. Karena hal inilah sewaktu-waktu Byron digambarkan dalam kebudayaan popular sebagai Programmer Pertama Komputer di Dunia. Ada Lovelace muda memiliki ketertarikan pada matematika dan sebagian pekerjaan Babbage pada mesin analitik. Antara 1842 dan 1843, dia menterjemahkan artikel dari matematikawan Italia Luigi Menabrea pada mesin Babbage yang kemudian Byron gantikan dengan beberapa catatan miliknya. Catatan ini mengandung apa yang dianggap sebagai perangkat lunak komputer pertama yang algoritmanya diuraikan oleh mesin. Catatan Byron ini sangat penting dalam sejarah awal komputer.



Ada Lovelace (Sumber: Wikimedia)

5. George Boole – 1847 hingga 1854
Matematikawan dan filsuf Inggris yang dilahirkan pada 2 Nopember 1815 ini bernama George Boole. Dia merupakan penemu logika Boolean yang disebut juga Aljabar Boolean. Penemuannya ini merupakan dasar bagi komputer digital modern. Aljabar Boolean sendiri oleh Claude Shannon diteliti ulang setelah 75 tahun Boole wafat. Dalam tesisny, Shanoon menyimpulkan bahwa aljabar Boolean sangat berguna. Sederhananya, aljabar ini bisa digunakan untuk merancang relay dan switch listrik. Semua sirkuit digital era komputer saat ini menggunakan aljabar Boolean untuk mengatasi masalahnya. Tak heran, bila akhirnya George Boole dianggap pendiri bidang ilmu komputer.

Sumber

0 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...