Ads

11 Juni 2011

Awas Bungkuk Jika Memakai Ponsel Secara Berlebihan!

Bagikan:

http://dumalana.com/wp-content/uploads/2011/04/bungkuk.jpg

Penggunaan ponsel secara berlebihan, baik untuk mengirim teks, email, ataupun memilih-milih lagu yang akan diputar, bisa membawa masalah untuk postur tubuh. Gerakan melihat ke bawah yang dilakukan secara terus menerus bisa membuat Anda jadi bungkuk.

Meski mampu membuat komunikasi menjadi lebih mudah, para dokter memperingatkan, teknologi itu juga membuat penggunanya berpotensi mengalami masalah di bagian punggung atas, terutama di kawasan leher.

“Jika Anda terus menerus melihat ke bawah, Anda akan menambah lengkungan ke depan yang membuat seluruh tulang punggung menjadi semakin melengkung,” kata Kirsten Lord, Managing Director of Edinburgh Physiotherapy Centre, seperti dikutip Daily Mail, 7 Juni 2011.

Lord menyebutkan, bahu Anda akan maju ke depan dan menjadi melingkar. Setelah itu, berdiri tegak dan meninggikan leher akan menjadi terasa tidak nyaman karena otot-otot yang perlu Anda gunakan telah menjadi pendek karena jarang digunakan.

Sebelum ini, telah lama diketahui bahwa terlalu banyak menggunakan komputer juga sangat mempengaruhi postur tubuh.

“Duduk di depan layar komputer juga membebani bagian tengah tulang belakang yang artinya membuat fleksibilitasnya menurun dan meningkatkan risiko ketegangan,” ucap Lord. “Selain itu, berhubung rusuk menempel dengan tulang punggung, kekakuan di kawasan ini membuat kita sulit menarik nafas panjang,” ucapnya.

Potensi bahaya lainnya terhadap postur tubuh juga ditimbulkan akibat melihat laptop dalam jangka panjang. “Kondisinya semakin parah jika laptop itu digunakan tanpa dudukan saat penggunanya duduk di sofa,” kata Lord.

0 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...